Scroll to Top
Petani Watumbaka Senang Bisa Panen Banyak dan Air Tersedia Melimpah di Kebun
Posted by maxfm on 17th Agustus 2020
| 1374 views
Anggota Kelompok Tani dari Mbatakapidu foto bersama Anggota KTO Watumbaka [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Petani di Kelurahan Watumbaka, Kecamatan Pandawai senang bisa mendapat kepercayaan untuk mengoperasikan pompa Barsha milik Yayasan Komunitas Radio Max Fm Waingapu (YKRMW) sejak tahun 2018 hingga saat ini. Para petani yang bergabung dalam Kelompok Tani Organik (KTO) Marangga Luri ini mengaku bisa mengolah lahan lebih luas dari sebelumnya.




Ketua KTO Marangga Luri, Nggaba Kamangi menyampaikan hal ini saat ditemui di kebun milik kelompok tani tersebut, Jumat (14/8/2020). Dijelaskannya KTO Marangga Luri mendapatkan kepercayaan untuk menggunakan mesin pompa Barsha milik YKRMW sejak tahun 2018 lalu dan sampai saat ini, masih tetap mendapatkan kepercayaan tersebut.

Menurutnya sebelum tahun 2018, lahan yang ada sudah selalu diolah saat musim kemarau untuk menanam sayuran. Namun luasan lahan yang diolah sangat terbatas karena keterbatasan kemampuan mengangkut air dari sungai untuk menyiram tanaman. Karenanya tanaman sayuran yang ditanam menjadi sangat terbatas dan hanya cukup untuk konsumsi keluarga.

“Kalau bisa jual juga, paling kami dapat jual 100 ribu dan itu sudah cukup banyak bagi kami,” urainya.




Ditambahkannya, sejak 2018 lalu bersama anggota kelompoknya, Nggala Hamba Ndima, Mbala Idi, Piala Ndilu, Loda Wani dan anak-anak mereka secara serius mengolah lahan pertanian mereka khususnya di musim kemarau untuk menanam aneka sayuran. Karena lahan pertanian tersebut di musim penghujan tetap diolah untuk menanam jagung.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons