Scroll to Top
Belalang Kembara Habiskan Jagung dan Padi Petani Kiritana
Posted by maxfm on 23rd Juli 2020
| 1912 views
Joni Meta Hiwa Petani Jagung di Desa Kiritana Sumba Timur, Rabu (22/03/20200 [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Belalang Kembara atau Locusta Migratoria kian mengganas dan memasuki lahan-lahan pertanian petani yang sedang diolah, terutama lahan pertanian yang berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS). Karena itu, dalam sekejab lahan pertanian petani di Desa Kiritana, Kecamatan Kambera yang ditanami jagung seluas dua hekta are dan Padi seluas lebih dari satu hekta are habis dilalap koloni belalang.



Sejumlah petani yang ditemui wartawan media ini di lokasi pertanian tersebut, Rabu (22/7/2020) mengaku belalang kembara berusia dewasa ini turun di lahan pertanian mereka sejak Sabtu (19/7/2020) lalu dan langsung melahap habis daun jagung dan padi yang sudah hampir keluar mayangnya tersebut. Sejumlah upaya dilakukan untuk menghalau kawanan belalang ini, namun semuanya sia-sia karena kawanan belalang ini hanya menghindar sebentar lalu kemudian kembali turun di lahan mereka.

Yunita Yowa Yani (42), warga RT 02, RW 01, Dusun 1, Desa Kiritana mengaku luas lahan sawahnya kurang-lebih satu hekta are yang ditanami padi jenis Ciherang langsung nyaris rata dengan tanah dimakan belalang. Selain itu jagung milik sejumlah anggota kelompok tani di tempat itu juga daunnya habis dimakan belalang sehingga tersisa batang dan buler jagung yang belum siap panen.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons