Scroll to Top
Pemprov NTT Akan Bangun Laboratorium Pemeriksaan Swab di Sumba Timur
Posted by maxfm on 24th April 2020
| 960 views
Ilustrasi Laboratorium Unit Trasnffusi Darah RSUD Umbu Rara Meha

MaxFM, Waingapu – Pemerintah Kabupaten Sumba Timur menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memproyeksikan laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha (RSUD URM) Waingapu menjadi salah satu laboratorium pemeriksaan swab Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Diharapkan rencana ini dapat terealisasi dalam waktu dekat, sehingga tidak lagi menyulitkan jika harus dilakukan pemeriksaan swab di daratan Sumba.

Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora menyampaikan hal ini saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. Dijelaskannya, Pemkab Sumba Timur sangat berterima kasih jika rencana tersebut direalisasikan dalam waktu dekat. Karena dengan demikian, Pemkab Sumba Timur bisa lebih fokus melakukan penanganan di tingkat dasar, dan tidak harus mengeluarkan biaya pengiriman sampel ke Kupang atau ke Jawa.



Menurutnya dengan akses penerbangan yang sangat terbatas saat ini ke Pulau Sumba, baik melalui Sumba Timur maupun Sumba Barat Daya (SBD) saat ini, Pemkab Sumba Timur tentunya akan sangat kesulitan jika harus mengirim sampel swab hidung dan tenggorokan keluar daerah untuk dilakukan pemeriksaan. Sebab semua maskapai yang masih melayani penerbangan ke Sumba Timur, tidak memiliki fasilitas penyimpanan sampel dengan suhu yang sesuai.

Karena itu, menurutnya rencana peningkatan kapasitas laboratorium RSUD URM Waingapu menjadi laboratorium yang bisa memeriksa swab, akan sangat membantu Pemkab Sumba Timur dan juga Pemkab tiga kabupaten lainnya di Sumba. “Itu rencana yang baik dan kita dukung untuk Pemprov bisa bantu kita alatnya,” urainya.



Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq yang dimintai tanggapannya mengenai rencana Pemprov NTT ini melalui sambungan telepon mengapresiasi langkah Pemprov NTT yang sudah memasukkan Laboratorium RSUD URM Waingapu menjadi salah satu laboratorium yang akan dipersiapkan menjadi laboratorium pemeriksaan swab. Diyakininya, rencana Pemprov NTT tersebut pasti akan terealisasi dibawah pimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Joseph Adrianus Nae Soi.

“Kalau itu pernyataan pak gubernur, saya percaya beliau pasti lakukan. Karena beliau cukup konsisten dan cukup memberikan perhatian terhadap Sumba juga saat ini,” jelasnya dari balik telepon genggamnya.

Ditambahkannya, RSUD URM Waingapu merupakan salah satu RSUD di Provinsi NTT yang sudah mendapatkan penilaian pelayanan paripurna sehingga tidak salah jika menjadi pilihan Pemprov NTT untuk menempatkan salah satu alat pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan di Laboratorium Rumah Sakit milik Pemkab Sumba Timur tersebut.



“Saya pikir itu betul rencana itu, supaya masyarakat bisa lebih tenang dan pemerintah bisa melakukan pemeriksaan secara lebih teliti dan hasilnya juga tidak perlu menunggu terlalu lama seperti saat ini,” tandasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons