Scroll to Top
12 Pelaku Perjalanan di Kadumbul Sumba Timur Jalani Karantina Terpusat
Posted by maxfm on 18th April 2020
| 2270 views
Tim Covid-19 Desa Kadumbul saat berada di Posco Covid-19 Desa Kadumbul. (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Sebanyak 12 orang pelaku perjalanan di Desa Kadumbul, Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur yang berasal dari zona merah penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) harus menjalani karantina terpusat yang disediakan pemerintah desa setempat. Karantina terpusat harus dijalani 12 pelaku perjalanan ini untuk memastikan mereka benar-benar sehat saat nantinya diijinkan bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat.

Kepala Desa Kadumbul, Junison Lado Come Rihi menjelaskan hal ini kepada wartawan di posko penanganan Covid-19 Desa Kadumbul, Rabu (15/4/2020). Junison menjelaskan setelah mendapat penegasan dari pemerintah kabupaten dan juga video conference dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT), pihaknya langsung bergerak cepat membentuk tim Covid-19 desa.



Karena sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan di Indonesia, pemerintah desa juga ditegaskan untuk membentuk tim Covid-19 di desa, sehingga semua perangkat desa sampaikan tingkat paling bawah, termasuk dengan BPD melakukan rapat pembentukan tim Covid-19 Desa Kadumbul, dan salah satu hasilnya adalah menyediakan tempat karantina terpusat bagi semua pelaku perjalanan dari zona merah yang masuk ke Desa Kadumbul.

“Kita lakukan karantina terpusat agar memastikannya berjalan aman dan benar, karena karantina mandiri sangat rentan ada kontak dengan anggota keluarga,” tegas Junison.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons