Scroll to Top
Pemkab Sumba Timur Serius Tangani Covid-19
Posted by maxfm on 22nd Maret 2020
| 1016 views
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur – Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Dr. Chrisnawan Tri Haryantana

MaxFM, Waingapu – Pemerintah Kabupaten Sumba Timur menyatakan siap secara serius untuk melakukan pencegahan dan menghadapi Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) yang sedang melanda dunia saat ini. Walau demikian, kondisi kesiapan alat pelindung diri (APD) di Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha (RSUD URM) Waingapu sangat terbatas saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur yang juga juru bicara Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Dr. Chrisnawan Tri Haryantana menyampaikan hal ini dalam jumpa pers yang dilakukan di ruang kerjanya, Minggu (22/3/2020) malam. Dijelaskannya, pihaknya siap untuk bersama pemerintah Provinsi NTT dan pemerintah pusat melakukan pencegahan dan penanganan terhadap Pandemi Covid-19 saat ini.



Dijelaskannya, semua kondisi kesiapan Pemkab Sumba Timur dalam melakukan langkah-langkah pencegahan hingga adanya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus dilaporkan kepada Pemerintah Provinsi NTT untuk menjadi data bersama.

“Rumah Sakit Umbu Rara Meha juga sudah ditunjuk untuk menjadi rumah sakit rujukan perawatan pasien Covid-19, sehingga siap tidak siap, kita harus tetap siap melaksanakan SK yang ada, bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun. Karena untuk satu shift saja kita butuh minimal enam pasang APD, dan sehari ada riga shift berarti untuk menangani satu pasien kita butuh 18 pasang APD, dan jumlah APD kita di rumah sakit jelas sangat terbatas dan mencari tambahannya juga sulit, karena hampir semua daerah dan di pusat (DKI Jakarta) juga banyak rumah sakit yang sudah mengeluhkan kekurangan APD,” tegasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons