Scroll to Top
Pemkab Sumba Timur Segera Keluarkan Edaran Penghentian Penerimaan Babi
Posted by maxfm on 9th Maret 2020
| 1254 views
Ilustrasi – Babi di Waingapu

MaxFM, Waingapu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur akan segera mengeluarkan surat edaran kepada Dinas Teknis terkait yang ada di pintu-pintu masuk Sumba Timur, seperti bandar udara dan juga pelabuhan untuk menghentikan sementara masuknya ternak babi dan produk ikutan lainnya ke Sumba Timur. Penghentian sementara ini untuk mengantisipasi masuknya virus babi Afrika (ASF).

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur, Yohanis Radamuri menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon kepada MaxFm, Sabtu (7/3/2020). Dijelaskannya langkah penghentian ini dilakukan khusus untuk ternak babi dan produk olahannya yang berasal dari luar Pulau Sumba, khususnya dari Timor, Bali, dan juga Flores.



“Menindaklanjuti himbauan gubernur untuk menghentikan mobilitas ternak babi maupun produk olahannya dari Pulau Timor keluar daerah. Jadi kita juga sedang persiapkan surat edaran Bupati Sumba Timur, agar elemen terkait di Bandara maupun badan karantina di pelabuhan bisa siaga untuk tidak boleh ada ternak babi atau produk olahannya masuk ke Waingapu ini,” jelas Radamuri.

Menurutnya hal ini penting untuk dilakukan karena mengingat ternak babi tidak hanya berhubungan dengan pergerakan ekonomi di Sumba Timur, namun juga sebagai bagian dari budaya masyarakat Sumba Timur. Karena itu, ternak babi yang ada di Sumba Timur harus bisa dilindungi dari serangan firus babi Afrika yang saat ini melanda kabupaten/kota se-daratan Timor yang masuk melalui Timor Leste.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons