Scroll to Top
Rumah Peradaban Sumba Hadir di Lambanapu
Posted by maxfm on 3rd Desember 2019
| 1529 views
Situs Lambanapu di Lokasi Rumah Peradaban Sumba [Foto: Heinich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Rumah peradaban Sumba akan segera hadir di Kelurahan Lambanapu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, tepatnya di wilayah RT/RW 10/04. Rumah peradaban yang berisi 47 kerangka manusia dengan usia diatas 2500 tahun ini, rencananya akan diresmikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat pada 20 Desember mendatang, pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi NTT tahun 2019.

Keberadaan rumah peradaban Sumba yang saat ini dikenal dengan Situs Lambanapu ini sesungguhnya merupakan hasil penggalian oleh tim arkeolog dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional sejak tahun 1989 lalu. Namun baru dilakukan penggalian secara intens hingga menemukan 47 kerangka manusia dengan berbagai peralatan lainnya ini sejak tahun 2017 silam.




Hal ini disampaikan warga setempat yang ikut menyaksikan dan membantu proses penggalian ini saat ditemui di lokasi penggalian, Selasa (3/12). Para warga masyarakat itu diantaranya Petrus Djanggandewa (32), Tunggu Landutana (57), dan sejumlah warga masyarakat lainnya. Warga masyarakat setempat terus membantu para arkeolog untuk menyelesaikan penempatan miniatur kerangka dan peralatan hasil galian di lokasi yang disediakan tersebut.

Petrus Menuturkan, pihaknya membantu para arkeolog dalam beberapa bulan terakhir untuk menggali lubang tempat akan diletakkan duplikat kerangka tubuh manusia dan juga sejumlah barang yang ikut ditemukan saat penggalian bersama para arkeolog sejak beberapa bulan terakhir, dengan harapan tempat ini kemudian akan menjadi salah satu tujuan destinasi wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Pulau Sumba, dan Sumba Timur khususnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons