Scroll to Top
Nelayan Lairoka Waijelu Panen Ikan Sambula
Posted by maxfm on 27th Mei 2019
| 1478 views
Nelayan Pantai Lairoka dibantu Warga Sekitar Melepaskan Ikan Dari Jaring [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Sudah 3 minggu terakahir ikan tembang besar yang biasa orang Waingapu sebut Sambula melimpah ditangkap nelayan pantai Lairoka desa Lumbu Manggit, Kecamatan Wula Waijelu, Sumba Timur.

Salah satu nelayan di pantai Lairoka Jusup mengatakan dalam beberapa waktu terakhir ikan yang ditangkap nelayan setempat melimpah.

“Ini ikan sudah banyak sejak pertengahan April lalu, kadang kami dapat pagi kadang sore hari baru dapat, hari ini kami dapat sore, ada belasan perahu yang turun melaut dan semua pulang bawa ikan Sambula hampir penuh perahu,” jelas salah satu nelayan setempat Jusup.

Masih kata Jusup, untuk pemasaran tidak ada masalah karena setiap hari ada banyak pembeli ikan dalam jumlah besar dari Waingapu yang datang membeli ikan di sini, kalau harga cocok kami lepas, karena kami juga lanjut Jusup tidak bisa simpan ikan terlalu lama untuk jenis Sambula, ikan jenis ini lanjut dia kalau salah penanganan bisa cepat rusak.




Masih kata Jusup secara ekononomi dirinya dan nelayan lain sangat diuntungkan dengan ikan melimpah dan ketersesidiaan ikan yang banyak ini masih berlanjut sampai bulan Juli yang akan datang.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons