Scroll to Top
Demokrasi Elektoral: Reprensentasi Privat Vs Representasi Publik
Posted by maxfm on 31st Januari 2019
| 1442 views
Stepanus Makambombu, Direktur Stimulant Institute Sumba, Wakil Ketua Komisi Bidang IPTEK dan Lingkungan Hidup Dewan Riset Daerah Kab. Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Demokrasi elektoral merupakan jalan untuk melahirkan pemerintahan yang melayani dan mensejahterakan rakyatnya. Ia menyediakan peluang menghadirkan pemimpin dan wakil rakyat yang dipilih untuk menjalankan sebuah pemerintahan. Kaya-miskin, tua-muda, laki-perempuan, orang perkotaan – perdesaan, buta huruf – melek huruf asalkan memenuhi usia konstitusional memilih sebagaimana diatur dalam undang-undang, memiliki hak dan peluang yang sama memilih pemimpin dan wakil rakyat. Yaitu mereka yang dianggap amanah dan mumpuni menjalankan mandat mulia yang diberikan rakyat untuk bekerja bagi rakyat nya.

Sayangnya harapan di atas tidak selalu sejalan dengan tujuan demokrasi elektoral yang substantif. Secara prosedural demokrasi elektoral tercapai, namun substansinya tereduksi karena jauh dari ekspektasi pemerintahan yang melayani dan mensejahterakan. Pencapaian ekspektasi hanya sebatas melaksanakan pilihan berdasarkan pertimbangan emosional sempit. Yaitu memilih karena alasan hubungan keluarga, kenalan atau tetangga baik tanpa mempertimbangkan kompetensi, rekam jejak calon pimimpin atau wakil rakyatnya.

Apakah pilihan mereka tabu? Tentu tidak, memiliki relasi keluarga, kenalan atau tetangga baik yang selalu membantu dalam berbagai hal adalah bagian dari modal sosial yang perlu dimiliki dan harus dipelihara setiap orang. Dalam relasi sosial antara individu dan kelompok masyarakat modal sosial tipe ini memiliki daya ikat (bonding) yang eksklusif. Berlaku diantara mereka yang memiliki hubungan sosial sebagaimana disebutkan di atas dan terjadi secara resiprokal (timbal balik). Jenis barang dan jasa yang dipertukarkan secara timbal balik sudah sama-sama dipahami besar dan jumlahnya. Spirit yang dibawa oleh modal sosial tipe ini berorientasi pada urusan-urusan privat.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons