Scroll to Top
UNKRISWINA Sumba Berbagi Tentang Belalang Kembara di MaxFM
Posted by maxfm on 10th Agustus 2018
| 1781 views
Narasumber Berbagi Pengetahuan di MaxFM [Foto; Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Serangan hama Belalang kembara yang meresahkan warga Kabupaten Sumba Timur pada tahun 2 tahun terkahir , membuat Universitas Kristen Wira Wacana Sumba lewat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyrakat ( LPPM )bekerja sama dengan PT. Muria Sumba Manis, melakukan talk show di radio Max Fm Waingapu Senin (06/08/2018).

Kegiatan talk show ini sebagai langkah menyebarluaskan pengetahuan ilmiah dalam upaya pencegahan terkait belalang kembara agar tidak merugikan warga Sumba Timur terlebih khusus petani karena bisa menyebakan kerusakan tanaman hingga petani tak bisa memanen hasil pertanian seperti pada tahun 2016 dan 2017.



Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Waingapu, Bambang Herwanto mengatakan cuaca yang berubah dalam 3 hari terakhir hujan ringan karena pulau Sumba berdekatan dengan Australia, cuaca di Australia mempengaruhi cuaca di Sumba, hal ini karena yakni pergerakan masa udara yang membawa uap air ke Selatan NTT, padahal biasanya bulan Juli dan Agustus ini tidak hujan.

“Analisis kita bulan depan sekitar September 2018 sampai Januarai 2019 akan memasuki El Nino dengan intesitas lemah, berarti berkurangnya curah hujan di Sumba, namun karena suhu muka laut kita panas, dampaknya tidak terlalu sigifikan, kalau dampak El Nino akan membawaangin kering, tetapi karena suhu muka laut kita panas maka dampaknya tidak terlalu signifikan,” jelas Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Waingapu, Bambang Herwanto.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons