Scroll to Top
Dari Wai Kudu ke Wai Bakul
Posted by maxfm on 9th Oktober 2017
| 2456 views
Sepritus Tangaru Mahamu – Salah satu peserta pelatihan menulis ilmiah populer yang diselenggarakan Radio MaxFM

MaxFM, Waingapu – “Beda tempat tentu beda cerita” itulah kalimat yang saya rasa pantas disandang pulau Sumba yang terletak di Selatan Indonesia dan memiliki keunikan tersendiri di sudut-sudutnya itu. Bagaimana tidak di Sumba ada banyak hal yang berbeda dari simpul-simpul daerahnya mulai dari budayanya, bahasanya hingga masalah sosial ekonominya.

Sebagai contoh nyata misalnya jika di Tana Banas, Kabupaten Sumba Tengah kekeringan menjadi malapeta yang mengerikan setiap tahunnya khususnya dimusim kemarau (seperti ramai diberitakan media baru-baru ini) maka cerita yang berbeda justru terjadi di Wai Kudu di mana kekeringan justru menjadi tantangan tersendiri bagi warga setempat dan Radio Max Waingapu Foundation untuk menghadirkan kebun pertanian organik Wai Kudu yang mulai digalakkan sejak April 2017 dan dikelola oleh dua puluh anggota tani yang bergantian secara terjadwal merawat kebun organik ini. Kebun organik yang menjadi lahan percontohan ini dijadikan sebagai media belajar bagi petani sekitar kebun organik itu dengan tanaman yang bervariasi mulai dari tomat, sayur kol, pakcoy dan pitsai.




Selain belajar untuk bercocok tanam organik, kelompok tani organik yang dibimbing oleh pembimbing petani dari Radio Max Waingapu Foundation Rejeki Fajrin ini, juga belajar untuk mengatur hasil panen sampai penjualan sehingga dapat menata sayur apa yang harus ditanam dan penjualan sampai di pasarnya bagaimana agar dapat meningkatkan pendapatan dari hasi panen sayur. Karena menurut Fajrin di Sumba cukup banyak petani yang menanam tanaman tapi tidak memiliki menejemen yang baik, baik terhadap lahan dan juga pendapatan petani. Masih kata Fadjrin petani juga harus mampu melihat peluang pasar yang semakin bervariasi dengan pola pikir masyarakat yang melihat dari segi rupa yang elok dari sayur yang akan dibeli sehingga menurut Fajrin sayur-sayuran organik ini harus memiliki pasarnya sendiri dan saat ini untuk memperoleh sayur-sayuran organik ini kita dapat memesannya melalui radio Max Fm Waingapu.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons