Scroll to Top
Warga Perbatasan RI – Australia Kibarkan 1945 Bendera Merah Putih
Posted by maxfm on 18th Agustus 2017
| 3502 views
Pengibaran Bendera Merah Putih di Mercusuar Pulau Menggudu [Foto: Ignas Kunda]

MaxFM, Waingapu – Merayakan HUT RI ke 72, Kamis (17/08/2017), Warga pulau Salura, yang merupakan daerah perbatassan Republik Indonesia RI – Australia melakukan pengibaran bendera merah putih sebanyak 1945. Pengibaran bendera ini dilakukan di 3 pulau yakni pulau Salura, pulau Kotak atau Kambing dan pulau Menggudu.

Pengibaran pertama di Pulau salura disertai dengan upacara detik-detik proklamasi sekitar pukul 09.30 wita. Upacara yang berlangsung semarak dan penuh kidmat diikuti oleh ratusan warga Salura, pelajar tinggkat SD dan SMP Satap Salura, aparat Polisi Polsek Karera, pos Polisi perbatasan Salura, TNI dari Koramil Karera, PNS kecamatan Karera, anggota DPRD Sumba Timur, serta tokoh masyrakat dan agama kecamatan karera.



Upacara kemudian dilakukan dengan pengibaran 1.000 bendera di pantai pulau Salura dan dilanjutkan dengan pawai ratusan perahu motor nelayan membawa ratusan warga dengan bendera merah putih mengitari pulau salura menuju pulau Kotak untuk mengibarkan 900 bendera merah putih. Pengibaran kemudian dilanjutkan dengan pawai ratusan perahu motor dengan masih membawa 45 buah bendera merah putih menuju lokasi terakhir di pulau Menggudu dengan waktu tempuh sekitar 20 menit melawan ganasnya ombak samudra Hindia. Di pulau Menggudu warga harus berjalan sekitar 20 menit lagi di tepian pantai, menuju mercusuar yang akan menjadi lokasi pengibaran bemdera terbesar berukuran 4×5 meter pada puncak mercusuar. Pengibaran harus dilakukan secara hati-hati oleh warga pada dinding luar mercusuar. Kemudian acara ditutup dengan penghormatan bendera di tepi pantai Menggudu dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons