Scroll to Top
2.800 Tahun Lalu Leluhur Orang Sumba Sudah Menetap di Lambanapu
Posted by maxfm on 23rd Agustus 2017
| 3920 views
Situs Tempayan Lambanapu, Sumba Timur, NTT [Foto: Retno Handini]

MaxFM, Waingapu – 2.800 tahun lalu leluhur orang Sumba sudah menetap di Lambanapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penelitian Sumba dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Retno Handini di lokasi penggalian situs tempayan yang berada persis di samping rumah salah satu keluarga di Lambanapu.
170822-max-hen-Situs Tempayan Lambanapu INET



“Situs Lambanapu ini satu level dengan Situs Melolo yang sudah dideteksi umurnya sekitar 2.800 tahun lalu atau sekitar 800an tahun Sebelum Masehi. Kita berharap dari penggalian yang lebih dibawah situs Lambanapu yang sekarang ini, kita bisa mendapati material yang lebih tua lagi yang diperkirakan 3.500 tahun yang lalu,” jelas Ketua Tim Penelitian Sumba dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Retno Handini yang sedang meneliti Situs Tempayan di Lambanapu, Selasa (22/08/2017).

Masih kata Ketua Tim Peneliti Situs Tempayan di Lambanapu yang juga Arkelolog dari Pusat Penelitian Arkelogi Nasional Retno Handini, berdasarkan temuan-temuan tempayan, ditemukan 5 rangka dan 7 tempayan dan pihaknya bisa mengatakan situs Lambanapu ini dari masa Prenolitik atau Paleo Metalik dalam pembabakan ilmu Pra Sejarah.

Ketua Tim Penelitian Sumba dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Retno Handini [Foto:Heinrich Dengi]
Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons