Scroll to Top
Rumah Ketua DPRD SumTim Didatangi Pegugas SE 2016
Posted by Heinrich Dengi on 2nd Mei 2016
| 1094 views

Pemasangan Stiker SE 2016 di Kediaman Ketua DPRD Sumba Timur Drh. Palulu P. Ndima [Foto: Heinrich Dengi]
Pemasangan Stiker SE 2016 di Kediaman Ketua DPRD Sumba Timur Drh. Palulu P. Ndima [Foto: Heinrich Dengi]
MaxFM, Waingapu – Pelaksanaan Sensus Ekonomi SE 2016 di seluruh Indonesia serentak dimulai pada Minggu 1 Mei 2016.

Sama halnya di Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT, hari pertama SE 2016 di Kabupaten Sumba Timur dimulai di kediaman Ketua DPRD Sumba Timur Drh. Palulu P. Ndima M.Si., di Kurukalala.

Petugas Sensus Ekonomi Ayu memulai dengan memperkenalkan diri dan timnya serta mengajukan beberapa pertanyaan.

Ayu                         : Di rumah bapak, ada berapa anggota rumah tangga yang tinggal di sini?

Palulu P. Ndima  : Kita hitung dulu ya, saoalnya kalau penghuni yang lain kan masuk-keluar, ada                                       suami, istri, anak dua, terus tambah dua, tambah yang anak kuliah ada 2.

Ayu                         : Dari semua yang tinggal di rumah apakah ada yang menjalankan usaha?

Palulu P. Ndima  : Istri saya yang punya punya usaha, tetapi di Waijelu, ada kios kecil di sana, dia                                       kontrol dari jauh. Kalau saya bertani saja, punya sawah, ada babi, tetapi babi                                         bukan untuk komersial.

Ayu                        : Terima kasih bapak untuk jawabannya, demikian dulu pertanyaan kami untuk                                       pendataan awal.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Sumba Timur Ramly K. T. Kusumo mengatakan, petugas SE akan melakukan pendataan awal ke seluruh rumah tangga pada setiap blok sensus.

“Dan nanti di situ akan diidentifikasi setiap anggota rumah tangga yang mempunyai aktifitas ekonomi itu nanti akan didatangi kembali oleh oleh petugas SE untuk mendata aktifitas ekonomi yang dilakukan,” kata Kepala BPS SumbaTimur Ramli E. Kusumo

Lanjut Kepala BPS Ramly K. T . Kusumo, hal yang akan ditanyakan dalam SE 2016 ini antara lain tentang nama usaha, pemilik usaha, bidang usaha, data keuanga, seperti omset, pengeluaran, data tenaga kerja kemudian data tentang karakteristik usaha, pengunaan internet, jaringan dalam usaha dan pertanyaan lain yang bisa muncul saat SE.

Masih kata Kepala BPS Sumba Timur Ramly K. T. Kususmo, data yang diperoleh dalam SE 2016 akan dipakai oleh pemerintah sebagai data dasar untuk perencanaan atau untuk mengambil kebijakan dalam bidang ekonomi, juga untuk menyusun peta dan direktori perusahana baik usaha menengah besar, ataupun juga usaha mikro kecil juga untuk menyusun kerangka sampel dan survey bidang ekonomi dan masih banyak kegunaan lain dari SE 2016.

Sensus Ekonomi 2016 mulai pada 1 Mei dan berakhir pada 31 Mei 2016.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons