Scroll to Top
109 Sampel Swab dari Sumba Timur Dikirim ke Kupang
Posted by Heinrich Dengi on 3rd September 2020
| 1083 views
Gedung Puskesmas Kambaniru di dekat kantor Kecamatan Kambera, menampung puluhan tenaga kesehatan RSK Lindimara yang dikarantina berkaitan dengan pasien ke 13 positif covid-19 di Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]

Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Sumba Timur Nusa Tengara Timur, NTT, mengirim 109 sampel swab ke laboratorium biomolekuler RS W. Z. Johanes Kupang, Kamis (03/09/2020).

Kepala Dinas kesehatan Sumba Timur sekaligus juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur dokter Chrisnawan Tri Haryantana mengatakan untuk pemeriksaan swab sebanyak ini dan untuk kepentingan pelacakan dilakukan di Kupang.




“Pemeriksaan swab sebenarnya sudah bisa dilakukan di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, tetapi untuk sementara diprioritaskan untuk pemeriksaan swab suspect vovid-19, sedangkan untuk pelacakan sampel dikirim ke Kupang,” jelas dokter Chrisnawan.

Lanjut dokter Chrisnawan, 109 sampel swab ini terdiri dari 41 sampel tenaga kesehatan Rumah Sakit Kristen Lindimara, selain itu kata dokter Chrisnawan sampel swab diambil dari tenaga kesehatan yang bertugas di Bandara Umbu Mehang Kunda, dari keluarga pasien positif covid-19 dan karyawan tokonya, ada sampel swab dari warga yang berbelanja di tokonya, serta sampel swab dari penumpang satu pesawat dengan pasien selain itu ada sampel swab dari pelaku perjalanan yang rapid tetsnya reaktif.



Untuk tenaga kesehatan dari RSK Lindimara langsung dikarantina di gedung Puskesmas Kambaniru yang baru di dekat kantor Kecamatan Kambera.




Dari pantauan media ini, setelah muncul lagi kasus postif covid-19 yang ke 13 di Sumba Timur pada 31 Agustus 2020, suasa kota langsung sepi, biasanya pengendara kendaraan ramai lalu lalang sekitar jam 08.00 sd 11.00 siang, tetapi hari ini Rabu (03/09/2020) suasana jalan agak sepi ditambah lagi sekolah-sekolah meliburkan pertemuan di sekolah dan kembali membuka belajar dari rumah lewat aplikasi google classroom.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons