Scroll to Top
RSUD URM Buka Poli Geriatri: “Memberikan Layanan Lebih Baik Untuk Lansia”
Posted by maxfm on 3rd Mei 2019
| 798 views
Direktur RSUD Umbu Rara Meha, Dokter Lely Harakai [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Umbu Rara Meha membuka Poli Geriatri yang khusus melayani warga lanjut usia mulai 2 Mei 2019.

Direktur RSUD URM dokter Lely Harakai mengatakan pembukaan poli Geriatri karena pihaknya melihat ada peningkatan populasi lanjut usia di Indonesia khususnya di Sumba Timur yang dapat menimbulkan permasalahan terkait aspek medis, psikologis, ekonomi, dan sosial sehingga diperlukan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap warga lanjut usia lansia.



“Layanan untuk pasien berusia 60 tahun ke atas dengan diagnosa penyakit dua atau lebih jadi misalkan ada pasien dengan diabetes dengan hipertensi, pasien post stroke dengan diabetes, atau pasien yang dirawat dengan diagnosa tidak tunggal,” jelas Direktur RSUD URM dokter Lely Harakai Kamis (02/05/2019).

Masih kata Direktur RSUD URM dokter Lely Harakai, keunggulan dari pelayanan di poli Geriatri adalah pasien tidak ke mana-mana saat akan mendapat pelayanan, pasien tetap di satu tempat kecuali untuk pelayanan Radiologi, di luar itu bila ada kebutuhan pasien di luar poli maka petugas poli yang akan bergerak untuk memenuhi kebutuhan para lansia.

Dokter Lely Harakai memberikan contoh misalkan untuk pelayanan pemeriksaan darah maka petugas laboratorium yang akan datang ke poli Geriatri untuk mengambil darah, bila pasein membutuhkan pelyanan dokter yan glain maka dokter yang akan datang ke poli untuk bertemu pasien hingga di pelayanan obat, petugas akan menyiapkan obat dan mengantar obatnya untuk pasien di poli geriatri.

Lanjut dokter Lely Harakai dengan dibukanya poli Geriatri pihak RSUD URM ingin membuat orang tua mendapat pelayanan lebih baik tidak harus berpindah dari satu tempat pelayanan ke tempat pelayanan lain bila ingin mendapatkan pelayanan apalagi bila pasien berpotensi jatuh karena sakitnya.

Dokter Ervan Suryanti Sedang Melayani Pasien di Poli Geriatri RSUD URM

Dokter Ervan Suryanti yang bertugas di poli Geriatri mengatakan saat hari pertama pembukaan poli Geriatri pasien yang mendaftar sudah lebih dari 20 orang.

“Untuk hari ini kebanyakan pasien yang dialihkan dari poli Penyaki Dalam, pasien dengan penyakit kronis seperti hipertensi, DM, gagal jantung yang dialihkan ke sini yang memang rutin kontrol setiap minggu,” kata dokter Ervan Suryanti yang bertugas di poli Geriatri.




Sementara itu satu salah pasien di Poli Geriatri RSUD URM mama Agatha di dalam ruang pemeriksaan mengatakan senang dengan pelayanan baru bagi orang tua, selaku pasien yang biasa kotrol di rumah sakit setiap minggu dirinya tidak lagi harus capek jalan dari satu tempat ke tempat pelayanan lain di RSUD Umbu Rara Meha, karena di sini dirinya mendapat semua pelayanan di satu tempat bahkan untuk obatpun diantar petuas ke pasien.

.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons