Scroll to Top
Antara yang Tersurat dan yang Tersirat
Posted by Frans Hebi on 11th Januari 2015
| 17033 views
Nara Sumber Tetap Acara Bengkel Bahasa Max FM, Frans  Wora Hebi
Nara Sumber Tetap Acara Bengkel Bahasa Max FM, Frans Wora Hebi

MaxFM, Waingapu – Banyak peribahasa Indonesia yang menggambarkan seperti yang tertera pada judul di atas. Kita ambil beberapa contoh. 1. Besar pasak dari pada tiang. 2. Seperti air di daun talas. 3. Lempar batu sembunyi tangan. 4. Air susu dibalas dengan air tuba.

  1. Arti yang tersurat, pasak atau paku lebih besar dari pada tiang. Seharusnya tianglah yang lebih besar dari paku sehingga tiang tidak dirusak. Arti yang tersirat atau tersembunyi, dikatakan kepada orang yang pengeluarannya, biaya hidupnya lebih besar disbanding dengan gaji atau penghasilannya.
  2. Arti yang tersurat, air kalau dituang ke atas daun keladi tidak akan tinggal atau melekat. Yang tersirat digambarkan pada orang yang tidak tetap pendirian.
  3. Arti tersurat sudah jelas kita pahami. Arti yang tersembunyi dikiaskan kepada orang yang melakukan suatu perbuatan yang menimbulkan masalah, kerugian bagi orang lain tapi tidak berani tampil atau bertanggung jawab.
  4. Arti tersurat sudah jelas. Arti yang tersirat, kebaikan seseorang dibalas dengan perbuatan jahat, perbuatan yang mengkianatinya.

Ada juga peribahasa yang arti tersiratnya sama dengan arti yang tersurat, seperti, Dalamnya laut dapat diduga, dalam hati siapa yang tahu. Artinya, kedalaman laut dapat diukur apa lagi di era teknologi canggih seperti sekarang, tapi apa yang ada di dalam hati seseorang tidak akan ada yang tahu.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons