Scroll to Top
Sumba Timur Siap Memulai Vaksinasi Covid-19
Posted by maxfm on 30th Januari 2021
| 501 views
Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Bandara UMK – Waingapu [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Kabupaten Sumba Timur tiba di Waingapu Sabtu (30/01/2021) sekitar pukul 13.20 WITA dengan pesawat Wings Air dari Kupang.




Kedatangan vaksin Covid-19 Sinovac ini disambut Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si didampingi anggota Forkopimda.

Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si kepada awak media mengatakan vaksin yang datang pertama ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan di Sumba Timur.

“Vaksin yang datang 2.440 vial, akan disimpan di gudang obat, dan prioritas vaksin untuk nakes, secara teknis untuk proses vaksinasi sudah disiapkan tim dari Dinas Kesehatan Sumba Timur, juga nanti ada beberapa pejabat publik yang akan menerima vaksinasi awal, untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman dan warga jangan takut untuk divaksin,” jelas Gidion Mbilijora di depan Kantor Bandara UMK, jelang tibanya vaksin.




Sementara itu Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono, S.Ik. mengatakan untuk pengawalan vaksin ini melibatkan sekitar 100 personil gabungan TNI, Polri, Brimob dan Pol PP.

“Pengamanan dilakukan sejak vaksin ini tiba di Bandara Umbu Mehang Kunda hingga diantar ke tempat penyimpanan di gudang farmasi, pengawalan juga disiapkan di lokasi penyimpanan hingga saat vaksinasi,” jelas Handrio.



Vaksin Covid-19 Sinovac di Gudang Farmasi Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]

Dandim 1601 Sumba Timur, Letkol (Czi) Dwi Joko, sesaat sebelum vaksin tiba di bandara UMK mengatakan anggotanya hingga ke tingkat desa akan membantu pengamanan vaksin serta ikut memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya vaksin agar masyarakat tidak takut divaksin.

Pantauan media ini, setelah bukti penerimaan vaksin Covid-19 ditandantangani Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur dokter Chrisnawan Tri Haryantana, vaksin dimasukkan ke mobil khusus yang sudah disiapkan sebelumnya untuk dibawa ke tempat penyimpanan di kantor Gudang Farmasi Sumba Timur di kompleks kantor Bupati Sumba Timur di Radamata.



Untuk membawa vaksin dari Bandara Umbu Mehang Kunda ke Gudang Farmasi Sumba Timur, mobil yang membawa vaksin dikawal personil gabungan TNI, Polri, Brimob dan SatPol PP. Dan sepanjang perjalanan yang melewati jalan utama Kota Waingapu, tim sosialisasi vaksinasi Covid-19 dari Dinas Kesehatan Sumba Timur terus menyampaikan informasi kepada warga menggunakan pengeras suara tentang tibanya vaksin dan meminta masyarakat untuk tidak takut menerima vaksin serta mendukung vaksinasi covid-19 di Sumba Timur. [HD]

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons