Scroll to Top
Sumba Timur Kembali Kirim 133 Sampel
Posted by maxfm on 29th Desember 2020
| 1124 views
Petugas dari Laboratorium RSUD URM Waingapu saat mengambil swab ulang untuk pasien positif Covid-19 di Hotel Cendana Waingapu, Senin (28/12/2020). (Foto: Istimewa)

MaxFM, Waingapu – Tim surveilance dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur Kembali mengirim 133 sampel swab ke Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang, Selasa (29/12/2020) menggunakan jasa helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Tri Haryantana, menyampaikan hal ini melalui Ketua tim surveilance, Jonker Telnoni, S.K.M. melalui sambungan telepon, Senin (28/12/2020) malam. Dijelaskannya semua sampel ini terpaksa harus dikirim ke Kupang, karena jumlah cartridge untuk pemeriksaan dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha (RSUD URM) Waingapu yang sudah sangat terbatas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur ini menjelaskan 133 sampel yang dikirim Selasa (29/12/2020) ini terdiri dari tracing kontak erat dari pasien positif Covid-19 saat ini yang sedang dirawat, warga masyarakat yang hendak melakukan perjalanan keluar Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan hasil tes RDT reaktif, dan sampel ulang dari pasien positif Covid-19.



Dirincikannya sampel yang diambil dari hasil tracing kontak erat dan calon pelaku perjalanan dengan RDT reaktif diambil di gedung baru Puskesmas Kambaniru selama dua hari yakni Sabtu (26/12/2020) dan Senin (28/12/2020) sebanyak 98 sampel, sedangkan sampel ulangan dari pasien positif Covid-19 semuanya diambil Senin (28/12/2020) di Hotel Cendana sebanyak 35 sampel.

“Ada juga tiga anak yang hasil swab sebelumnya negatif, tetapi karena tidak bisa dipisahkan dari orang tua mereka yang positif, sehingga kita ambil lagi. Jadi totalnya 39 sampel yang kita ambil di Hotel Cendana,” jelasnya.

Dengan demikian setelah 133 sampel ini dikirim, total sampel swab yang akan mengantri untuk pemeriksaan di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang, maupun Laboratorium Fakultas Kedokteran Undana Kupang, berjumlah 420 sampel. Karena sisa sampel yang sudah dikirim sebelumnya dan belum keluar hasilnya hingga saat ini sebanyak 287 sampel.



“Saya sudah komunikasi dengan teman-teman di Kupang, dan antrian sampelnya saat ini sudah ribuan disana. Karena masuk dari semua kabupaten/kota di NTT,” jelasnya.




Sementara untuk pemeriksaan dengan metode TCM di Laboratorium RSUD URM Waingapu, Jonker mengaku tidak bisa dilakukan lagi untuk jumlah yang banyak, karena jumlah cartridge nya sudah sangat terbatas, sehingga dicadangkan untuk nantinya bisa digunakan untuk pasien dengan gejala klinis yang mengarah ke Covid-19.

“Kita juga sudah tidak bisa periksa lagi di sini (RSUD URM Waingapu). Mau kirim sebagian sampel ke Surabaya, disana juga antrian sampel sudah sangat menumpuk. Jadi kita tunggu antrian di Kupang saja,” ungkapnya.



Untuk diketahui sampai dengan Senin (28/12/2020), jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 94 kasus positif, dengan rincian lima kasus meninggal dunia, 31 sembuh dan 58 lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit maupun di Hotel Cendana Waingapu yang dijadikan sebagai tempat karantina.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons