Scroll to Top
Sekolah di Radio: “Memotivasi Anak Didik Agar Meminati Dunia Tulis”
Posted by maxfm on 2nd September 2020
| 732 views

MaxFM, Waingapu – Saya sangat salut kepada WARTA FLOBAMORA yang menyediakan rubrik khusus untuk siswa/i SMP dan SMA sebagai wadah penyaluran aspirasi mereka. Apa yang dirintis ini punya makna ganda. Selain pengkaderan anak muda yang nantinya menjadi penulis handal, juga berimplikasi tidak ada diskriminasi antara yang dewasa dan belum, antara cendikiawan dan yang baru duduk di bangku sekolah.

Secara psikologis siswa yang tulisan dan fotonya dimuat akan lebih bergairah menggeluti dunia ini. Mereka akan dikenal banyak orang sehingga jejaring pertemanan menjadi luas. Kecuali itu mereka akan rajin membaca, rajin bertanya kepada penulis yang berpengalaman dan suka mendengarkan orang lain.

Juga salut buat pak-pak guru dan ibu guru, khusus guru Bahasa Indonesia yang telah membina, membimbing, dan mengarahkan anak didik mereka untuk mengirim tulisan-tulisan ke WARTA FLOBAMORA yang layak muat. Barangkali satu hal yang perlu diingatkan kepada para penulis pemula ini, bilamana mereka sudah banyak menulis di mass media, jangan cepat puas lalu berhenti. Karena kalau berhenti, ibarat air yang dipanaskan sampai mencapai titik didih 100 derajat cc, jika didinginkan kemudian dipanaskan kembali akan membutuhkan kalori lebih banyak dari biasa untuk mencapai titik didih semula. Jadikanlah dunia tulis ini sebagai hobi.



Pada dasarnya setiap orang bisa menulis sebagaimana dia bisa berbahasa lisan, bahkan ada istilah pandai berbahasa selain pandai bahasa. Hanya bedanya, bahasa lisan kurang memperhatikan tanda baca, jeda, bahasa baku dan alinea. Kelebihannya, bahasa lisan lebih hidup karena didukung oleh mimik dan panto mimik, volume suara yang mencakup keras-lembut, tinggi-rendah dan cepat-lambat.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons