Scroll to Top
Pagi Ini Helikopter Jemput 85 Sampel
Posted by maxfm on 16th September 2020
| 1050 views
Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Jonker Telnoni, S.Km [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Pagi ini, Rabu (15/9/2020) Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bantuan presiden yang ditempatkan di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat akan menjemput 85 sampel swab dari Sumba Timur hari ini. Penjemputan sampel ini untuk mempercepat pemeriksaan terhadap kontak erat dengan kasus 20.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Jonker Telnoni, S.Km menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon dengan MaxFm, Selasa (15/9/2020) malam. Dijelaskannya pihaknya sudah meminta bantuan penjemputan menggunakan helikopter bantuan presiden ini dan sudah disetujui.

“Kebetulan ada helikopter bantuan presiden yang saat ini parkir di Labuan Bajo, jadi kita minta bantuan dan hari ini akan ada penjemputan sampel,” jelasnya.




Permintaan penjemputan sampel swab untuk kontak erat dari kasus 20 ini menurutnya dilakukan karena jumlah kontak erat yang cukup banyak dan alternatif pengiriman sampel melalui jadwal penerbangan komersial yang cukup terbatas.

“Pilihan ini kita ambil karena kalau tunggu gunakan penerbangan pesawat, hanya bisa sekali seminggu, sementara ini sampel cukup banyak,” urainya.




Ditambahkannya 85 sampel ini merupakan kontak erat dengan kasus 20 saja diluar dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 lainnya yang saat ini sedang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rata Meha (RSUD URM) Waingapu.

“Ini kontak erat untuk kasus 20 saja, tidak termasuk kontak erat dari kasus lainnya,” urainya.



Sebagai langkah antisipatif, Jonker mengaku dua anggota keluarga dekat pasien Covid-19 kasus 20 sudah dilakukan pemeriksaan sampel swab melalui tes cepat molekuler di Laboratorium RSUD URM Waingapu dan hasilnya negatif.

“Kita masih minta keduanya melakukan karantina mandiri untuk nanti diambil lagi sampelnya untuk diperiksa kembali. Dan sampelnya kita prioritaskan untuk dilakukan pemeriksaan disini (RSUD URM Waingapu),” jelasnya.



Mengenai waktu dan lokasi penjemputan sampel swab hari ini, Jonker menjelaskan pihaknya sudah meminta ijin ke Polres Sumba Timur untuk menggunakan lapangan apel Polres dalam penjemputan sampel yang juga ada dari Kabupaten Sumba Barat.

“Saya sudah menghadap bapak Wakapolres (Kompol Abdullah Paoh) dan beliau ijinkan. Jadi nanti sekalian dengan sampel dari Sumba Barat,” jelasnya.




Helikopter yang akan menjemput sampel swab ini akan bergerak dari Labuan Bajo pukul 6:30 Wita sehingga diperkirakan saat ini helikopter sudah berada di udara menuju Waingapu Sumba Timur.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons