Scroll to Top
Pola Asuh, Pola Makan dan Sanitasi jadi Prioritas
Posted by maxfm on 6th Juli 2020
| 1165 views
Jumpa Pers Rembug Stunting Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui dinas-dinas teknis terus melakukan langkah-langkah percepatan penanganan terhadap penurunan angka stunting di Kabupaten Sumba Timur, dengan menjadikan pola asuh, pola makan, dan sanitasi sebagai prioritas. Hasilnya dalam kurun waktu tujuh tahun, sudah ada penurunan sebesar 26 persen.



Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali dalam jumpa pers usai kegiatan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting dengan tema cegah stunting itu penting yang berlangsung di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Kamis (2/7/2020). Ditegaskannya penanganan stunting memang membutuhkan kerja keras dan kerja bersama semua lembaga termasuk elemen masyarakat.

“Untuk pola asuh, melalui dinas-dinas terkait, termasuk pemerintah kecamatan dan desa, terus dilakukan sosialisasi agar masyarakat kita memiliki pemahaman yang baik,” urainya.

Selanjutnya mengenai pola makan, pemerintah melalui Dinas Pertanian maupun dinas kesehatan terus melakukan pendampingan, termasuk dengan dukungan asupan makanan melalui pemberian makanan tambahan. Sedangkan untuk sanitasi dilakukan peningkatan akses terhadap ketersediaan air bersih di masyarakat, termasuk melalui pembangunan sumur bor di tempat-tempat dengan elevasi yang tinggi.




Mengenai program langsung ke masyarakat, Umbu Lili menguraikan tahun ini Pemerintah Kabupaten Sumba Timur mengalokasikan dana untuk melakukan intervensi langsung ke 25 desa dan juga mendorong se mkua desa untuk mengalokasikan minimal 30 persen dana desa untuk penanganan masalah stunting, agar di akhir tahun 2021 mendatang angka stunting di Sumba Timur bisa berada di posisi 20 persen sebagaimana dalam target RPJMD Kabupaten Sumba Timur 2016-2021.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons