Scroll to Top
Stuba ke Sumba Timur, Tim Kementerian Pendidikan Afganistan disambut Tarian Kandingan
Posted by maxfm on 8th Maret 2020
| 1177 views
Anak-anak SDM Mbatakapidu menari menyambut tim Kementerian Pendidikan Afganistan. (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Tim Kementrian Pendidikan Afganistan yang didampingi tim dari USAID melakukan studi banding (Stuba) ke sejumlah sekolah dasar di wilayah Kabupaten Sumba Timur. Dalam kunjungan tim ini disambut dengan tarian Kandingan dan tarian kreasi baru di setiap sekolah yang dikunjungi.

Hal ini tampak saat tim ini mengunjungi Sekolah Dasar Inpres (SDI) Laipori, SDI Wera, dan SD Masehi Mbatakapidu beberapa waktu lalu. Diiringi pukulan gong dan gendang, sejumlah anak sekolah di sekolah-sekolah ini dengan ceria menyambut tamu mereka dengan tarian Kandingan maupun tarian kreasi baru.



Tim Stuba ini kemudian berdiskusi dengan kepala sekolah, pengurus komite dan memantau proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berlangsung di setiap kelas dan juga perpustakaan sekolah-sekolah tersebut. Tim ini kemudian tertarik dengan adanya pengalokasian dana Biaya Operasional Sekolah (BOS), keterlibatan orang tua murid dan elemen terkait dalam wadah komite sekolah, dan keleluasaan pihak sekolah mengelola dana BOS untuk pengadaan buku tematik untuk mendukung kreatifitas KBM di sekolah.

Direktur Kebijakan Umum dan Perencanaan, Kementerian Pendidikan Afganistan, Arian Abdul Wassai saat memimpin satu tim Stuba di SDI Wera mengapresiasi sejumlah keunggulan pendidikan di Indonesia umumnya dan Sumba Timur khususnya. Dijelaskannya, terdapat sejumlah kesamaan antara kondisi lingkungan dan proses pembelajaran antara Indonesia dan Afganisthan. Namun disisi lain, pendidikan Indonesia, khususnya di sekolah-sekolah yang dikunjungi telah memberikan nilai baru bagi mereka untuk kemudian dapat diduplikasi dan diterapkan di Afganistan.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons