Scroll to Top
RWT Center Bantu Dua Ambulans Operasional
Posted by maxfm on 12th Maret 2020
| 322 views
Salah satu mobil Ambulans yang disediakan RWT Center untuk membantu masyarakat Sumba. (FOTO: ONI).

MaxFM, Waetabula – Ratu Wula Tallu (RWT) Center menyediakan dua unit Ambulans untuk membantu warga masyarakat di daratan Sumba yang membutuhkan. Satu unit Ambulans diperuntukkan untuk mengantar jenasah dan satunya untuk melayani rujukan pasien gawat darurat dari rumah warga ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) maupun dari FKTP ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai NasDem, Ratu Wula Tallu kepada MaxFm di RWT Center, Rabu (11/3/2020). Dijelaskannya, penyediaan dua unit ambulans ini sebagai bagian kepeduliannya bagi masyarakat Sumba yang masih membutuhkan dukungan fasilitas ambulans rujukan, maupun ambulans jenasah saat mengalami dukacita. Namun kebutuhan ini masih sulit diperoleh dan seringkali harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.



“Ini memang sengaja kami sediakan di RWT Center, karena tidak dapat kita pungkiri, ada masyarakat yang karena tidak memiliki uang untuk menyewa ambulans atau mobil jenasah, para orang tua harus membungkus jenasah anak mereka dengan kain dan membawa jenasah pulang dengan motor ojek,” jelasnya.

Dijelaskannya dua unit ambulans ini baru tiba di Waetabula, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) beberapa hari lalu, namun langsung mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, khususnya warga masyarakat Kabupaten SBD. Karena itu, dua mobil Ambulans ini langsung dimanfaatkan untuk melayani permintaan masyarakat.

“Ambulansnya baru sampai belum sampai satu minggu, dan kita belum sempat buat acara peluncurannya. Tetapi sudah diminta masyarakat untuk dipakai, jadi kita tidak bisa menolak lagi. Syukurlah saat datang sudah ada Romo disini yang diberitahu keluarga sehingga langsung didoakan dan dipercikkan air berkat,” urainya.



Menurutnya dua ambulans ini disediakan RWT Center untuk melayani masyarakat Sumba secara gratis, sehingga kepada masyarakat di daratan Sumba yang membutuhkan bisa langsung menghubungi di nomor call center RWT Center yakni 082144973800, dan akan langsung dilayani pada kesempatan pertama.

“Memang kita ada pasang nomor call center RWT Center untuk masyarakat menghubungi ke nomor tersebut saat membutuhkan mobil Ambulans, baik ambulans rujukan maupun ambulans jenasah. Tetapi karena baru, sehingga masyarakat yang minta masih ada yang langsung hubungi ke nomor saya, maupun nomor bapak (Markus Dairo Tallu), baru kita kontak lagi sopirnya untuk layani,” jelasnya.



Diharapkannya dengan adanya dua buah ambulans ini bisa membantu masyarakat Sumba yang membutuhkan, sehingga masyarakat se-daratan Sumba bisa memanfaatkannya saat membutuhkan. “Kalau saja ada keluarga di luar Sumba yang meninggal dan dibawa ke Sumba melalui Bandara Tambolaka, baik masyarakat SBD, Sumba Barat, Sumba Tengah, bahkan Sumba Timur bisa menghubungi ke call center untuk bisa dibantu. Karena sopirnya selalu siap, dan semuanya gratis,” tandasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons