Scroll to Top
Perayaan Pekan Perempuan Pedesaan Tahun 2017 “Mewujudkan Keadilan Gender, Kedaulatan Pangan & Penghapusan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Perempuan Pedesaan”
Posted by maxfm on 28th Oktober 2017
| 2364 views
Foto bersama Semua Narasumber dan Asisten 1 Pemda Sumba Barat Daya

MaxFM, Wangapu – Lebih dari separuh penduduk Indonesia tinggal di pedesaan, di mana setengahya adalah perempuan. Namun dengan Indeks Kedalaman Kemiskinan sebesar 2,49; yang mana dua kali lipat lebih tinggai dari di perkotaan (1,24) memberi gambaran betapa kondisi perempuan pedesaan berjalin kelindan dengan kondisi kemiskinan yang ada. Kemajuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan yang sudah dilakukan masih belum mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan perempuan di pedesaan. Padahal perempuan pedesaan memiliki sumbangan nyata dalam kerja-kerja produktif dan reproduktif untuk mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat pedesaan.

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Pedesaan yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober, diikuti dengan Hari Pangan Sedunia (tanggal 16 Oktober) dan Hari Internasional Penghapusan Kemiskinan yang jatuh pada tanggal 17 Oktober; maka Koalisi Perempuan Indonesia bekerjasama dengan Konsorsium Wee Padalu menyelenggarakan Pekan Perempuan Pedesaan yang dilangsungkan di Wanno Donders, Sumba Barat Daya, NTT pada tanggal 25-28 Oktober 2017. Perayaan dilakukan dalam bentuk rangkaian kegiatan seminar, workshop pengetahuan dan ketrampilan, pameran dan penjulan produk lokal serta pentas seni dan pemutaran film.



Kegiatan dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Bupati Sumba Barat Daya, Bapak Fransiscus M. Adilalo, S.Sos. Kegiatan dihadiri pengurus dan anggota Koalisi Perempuan Indonesia se-Sumba serta komunitas dampingan Yayasan Sosial Donders.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons