Scroll to Top
Benarkah Sekolah Itu Candu?
Posted by Frans Hebi on 27th Mei 2015
| 3207 views

Frans Wora Hebi : Pengasuh Tetap Acara Bengkel Bahasa di Radio Max FM [ Foto : Heinrich Dengi }
Frans Wora Hebi : Pengasuh Tetap Acara Bengkel Bahasa di Radio Max FM [ Foto : Heinrich Dengi }
MaxFM, Waingapu : Etimologi kata sekolah berasal dari bahasa Latin, schola, yang berarti waktu luang, waktu senggang. Pada zaman Yunani kuno biasanya orang-orang mengisi waktu luang dengan cara mengunjungi suatu tempat, atau orang pandai untuk menanyakan atau mempelajari apa saja yang mereka anggap sangat dibutuhkan dalam hidup. Mereka menyebut kegiatan itu dengan istilah skole, scola, scolae, atau schola, yang artinya waktu luang yang digunakan secara khusus untuk belajar. Kegiatan itu biasanya dilakukan oleh kaum pria dewasa atau yang sudah berkeluarga.

Kebiasaan ini kemudian berlaku juga buat anak-anak, terutama anak laki-laki yang bakal menggantikan ayah mereka. Karena semakin kompleksnya hidup, keluarga merasa tidak punya waktu lagi untuk mengasuh anak-anak, karena itu mereka diserahkan kepada seseorang yang dianggap banyak pengetahuan. Di sinilah anak-anak berlatih sampai tiba saatnya mereka kembali ke rumah untuk menjalani kehidupan orang dewasa.

Lembaga pengasuhan anak pada waktu senggang di luar rumah sebagai pengganti ayah dan ibu yang merupakan lembaga tertua di dunia ini disebut, scola in loco parentis. Dewasa ini nama itu diabadikan oleh dunia pendidikan/akademis dalam istilah alma mater, artinya ibu asuh, ibu yang memberikan ilmu, seolah-olah hanya kaum ibu yang mendidik anak.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons