Scroll to Top
Hari Pertama Bhaksos Kemensos 79 Pasien Sudah Operasi Katarak
Posted by maxfm on 19th Mei 2024
| 1367 views
Mensos RI Tri Rismaharini berbincang dengan salah satu pasien yang Dioperasi Katarak [Foto: Humas Kemensos RI]

MaxFM WAINGAPU – Hari pertama pelasaksanaan Operasi Mata Katarak dalam rangka Bhaksos Kemensos RI Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha (URM) Waingapu berlangsung lancar hingga malam hari, Minggu (19/05/2024).

Data yang diterima MaxFM sejak pagi hingga malam ini sudah 79 pasien yang telah mendapat operasi katarak oleh tim dokter, esok Senin (20/05/2024) operasi katarak akan dilanjutkan.

Warga Desa Yubuwai, Keba Jawa Hara Bahagia Matanya Sudah Bisa Melihat Jelas Setelah Operasi Katarak di RSUD URM [Foto: Heinrich Dengi]

Warga Desa Yubuwai, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur, Keba Jawa Hara yang ditemui di sekitar ruang operasi RSUD URM sekira pukul 20.00 WITA dengan bahagia mengatakan bahwa sekarang matanya sudah bisa melihat dengan jelas selepas operasi katarak.

“Mata saya sudah enam tahun tidak bisa melihat dengan jelas, Puji Tuhan Desember 2023 lalu mata kiri saya dioperasi katarak dan sekarang mata kanan saya dipoerasi katarak lagi, sehingga saat ini kedua mata saya sudah melihat dengan jelas, kata Keba Jawa Hara.

Lika Hamu 68 tahun dari Desa Lailara Pasien terakhir yang dioperasi katarak pada hari pertama Bhaksos Kemensos Ri, sekarang lika Hamu sudah Melihat Dengan Jelas selepas Operasi Katarak [Foto: Heinrich Dengi]

Selesai operasi tambah Keba Jawa Hara dirinya akan pulang ke rumah keluarga di Waingapu, dan esok akan kembali ke RSUD URM untuk mendapat kontrol lagi dari tim dokter.

Keba Jawa Hara juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Sosial RI Tri Rismaharini karena sudah bisa melihat dengan jelas setelah mendapat operasi katarak.

Sementara itu warga Desa Lai Lara, Lika Hamu 68 tahun yang menjadi pasien terkahir yang mendapat operasi katarak pada hari pertama Minggu (19/05/2024) Bhaksos Kemensos bilang, “Ibu Menteri Sosial RI terima kasih, saya sudah bisa melihat kembali setelah operasi mata.“

Diberitakan sebelumnya lebih dari 200 pasien yang akan dioperasi katarak dalam rangka Bhaksos Kemensos tahun 2024 bekerjasama degan Pemda Sumba Timur, Perhimpunan Doter Spesialis Mata Indonesia didukung Himpunan Bersatu Teguh.

Foto Bersama Mama Lika Hamu dan Perawat RSUD URM [Foto : Heinrich Dengi]

Dari pantauan MaxFM, setiap pasien yang dapat operasi katarak juga mendapat paket bantuan sembako dari Kemensos. [HD]

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons