Scroll to Top
Pemerintah Provinsi NTT Gandeng PRISMA Kampanyekan Kesadaran ASF dan Penyakit Hewan Menular
Posted by maxfm on 28th Juli 2022
| 249 views
Kepala Dinas Peternakan NTT – Yohanna E. Lisapaly, SH., M.Si. [Foto: Istimewa]

MaxFM WAINGAPU – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Peternakan menggandeng PRISMA, kampanyekan kesadaran African Swine Fever (ASF) dan penyakit hewan menular.




Kegiatan yang berlangsung di Aula Eltari, Kantor Gubernur NTT pada Senin 25 Juli 2022 ini melibatkan sekitar 200 orang peserta ini bertujuan untuk mendukung pemulihan sektor Babi di daerah ini.

Pasalnya sejak African Swine Fever (ASF) merebak pada tahun 2020 silam. NTT sebagai provinsi dengan populasi babi terbanyak di Indonesia, menjadi wilayah terdampak paling besar.



Penularan virus ASF sangat cepat kala itu mengakibatkan kematian babi secara massif. Hal ini juga menyebakan kerugian ekonomi yang juga sangat besar dari para peternak babi di seluruh Provinsi NTT.

Belajar dari pengalaman di masa lalu tersebut, Dinas Peternakan dan PRISMA yang menginisiasi kegiatan tersebut ingin membantu petani dalam upaya pencegahan agar tidak mengalami kerugian yang jauh lebih besar lagi.

Upaya ini dilakukan dengan menghadirkan sistem deteksi dan peringatan dini serta penerapan upaya pengawasan yang efektif melalui kegiatan tersebut.




Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons