Scroll to Top
Pemkab Sumba Timur Lakukan Pengendalian Serentak Terhadap Belalang Kembara
Posted by maxfm on 24th April 2022
| 296 views
Asisten II (dua) Setda. Sumba Timur Franky Ranggambani (Baju Biru), dan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Oktavianus Mbaku Muku, SP., M.Si (Baju Hijau) saat Memberikan Pengarahan kepada tim kerja sesaat sebelum Pelaksanaan Pengendalian Serentak secara Mekanik Terhadap Belalang Kembara Dewasa di Desa Watu Hadang, Kecamatan Umalulu Sumba Timur, disaksikan tim dari kementrian Pertanian RI [Foto: Dinas Pertanian Sumba Timur]

MaxFM, Waingapu – Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui Dinas Pertanian melakukan pengendalian serentak terhadap serangan belalang kembara yang masih terus menyerang tanaman masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Oktavianus Mbaku Muku, SP., M.Si menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon dengan Radio Max 96.9 FM Waingapu, Jumat (22/04/2022).



Oktavianus mengaku dalam pengendalian serentak ini, pihaknya tidak sendiri melainkan ikut melibatkan RPH desa dan masyarakat sehingga diharapkan langkah ini dapat meminimalisir sebaran belalang kembara.

“Kita libatkan minimal lima RPH desa dan juga masyarakat dalam pengendalian serentak ini,” ungkapnya.



Oktavianus menambahkan, pihaknya juga sedang melakukan pengujian untuk mengolah belalang kembara menjadi bahan makanan sehingga tidak semata dilihat sebagai hama.

“Kita juga sekalian akan mencoba untuk mengolahnya menjadi makanan atau pakan ikan, agar belalang juga bisa jadi berkat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons