Scroll to Top
GKS Waingapu Rayakan HUT ke-91 dengan Resmikan Gedung Kebaktian Baru
Posted by maxfm on 5th April 2022
| 2368 views
GKS Waingapu [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Gereja Kristen Sumba (GKS) Waingapu merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-91 Selasa (05/04/2022) dengan meresmikan gedung kebaktian yang baru.



Acara perayaan HUT ke-91 sekaligus peresmian gedung kebaktian baru GKS Waingapu dihadiri oleh Asisten III Setda Provinsi NTT, Samuel Halundaka, Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M. Si dan David Melo Wadu.

Hadir juga Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq dan Umbu Kahumbu Nggiku. Mantan Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbiliyora, M.Si. dan ibu, Mantan Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Palulu Pabundu Ndima dan sejumlah pejabat lainnya.




Gubernur NTT, Dr. Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Setda Provinsi NTT, Samuel Halundaka menegaskan pembangunan gedung gereja yang megah harus diikuti dengan pembangunan iman jemaat sehingga iman jemaat juga bertumbuh menjadi megah.

“Gunakan gedung ini dengan baik dan benar untuk memuliakan nama Tuhan dari dalamnya,” tegasnya.

Gubernur VBL juga mengingatkan agar jemaat GKS Waingapu ikut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama di halaman gedung gereja GKS Waingapu, sehingga jemaat nyaman dalam menjalani ibadah.



“Untuk penandatanganan prasasti nanti akan dilakukan sendiri oleh bapak Gubernur dalam kunjungannya ke Sumba Timur yang akan diatur tersendiri, termasuk ikut beribadah di gedung kebaktian ini,” tandasnya.

Prosesi masuk gedung kebaktian GKS Jemaat Waingapu yang baru. (FOTO: ONI)

Penegasan yang sama juga disampaikan Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si dalam sambutannya. Ditegaskannya pembangunan gedung kebaktian yang megah harus diikuti dengan pembangunan iman dan ekonomi jemaat sehingga berjalan searah dengan megahnya gedung kebaktian yang ada.

Bupati Khris juga mengajak jemaat GKS Waingapu untuk ikut mendukung pembangunan yang dilakukan Pemkab Sumba Timur saat ini, karena pembangunan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga semua stakeholder, termasuk di dalamnya gereja.




Sementara itu Sekretaris Umum BPMS GKS, Pdt. Marlin Lomi dalam sapaan kasihnya mengapresiasi panitia pembangunan dan BPMJ GKS Waingapu yang atas kerja kerasnya sejak tahun 2015 lalu, akhirnya berhasil menyelesaikan dan meresmikan penggunaan gedung kebaktian yang baru.

Namun Pdt. Marlin juga berpesan kepada jemaat GKS Waingapu yang merupakan salah satu jemaat tertua GKS karena berusia lebih tua dari Sinode GKS. Karenanya di tengah dunia modern dengan kemajuan teknologi informasi global yang ada, GKS Waingapu juga diminta untuk dapat terus mereformasi diri dalam pelayanannya sehingga mampu memenuhi kebutuhan jemaat.




Ketua panitia pembangunan GKS Waingapu, Ir. Yuspan Pasande dalam laporannya menjelaskan gedung kebaktian GKS Waingapu yang baru ini dilakukan pembangunannya dengan peletakan batu pertama oleh Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur, dan para pelayan 22 Agustus 2015 yang lalu.

Dalam rancangan anggaran biaya pembangunan gedung kebaktian GKS Waingapu yang baru ini direncanakan sebesar Rp 8.195.000.000., namun panitia berhasil melakukan penghematan sebesar Rp 1.175.000.000., karena hingga selesai gedung kebaktian yang tetap menggunakan model konstruksi gedung yang lama hanya menghabiskan anggaran sebesar Rp 7.415.710.000.,



“Masih ada saldo sebesar Rp 20.115.000 namun masih juga ada sisa pekerjaan penataan taman dan sejumlah pekerjaan lain sehingga panitia masih membutuhkan anggaran sebesar Rp 500 juta dan kami masih mengharapkan uluran tangan bapak-ibu donatur untuk penyelesaiannya,” pintanya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons