Scroll to Top
TJPS Kemitraan Bisa Merubah Kehidupan Ekonomi Petani
Posted by maxfm on 16th Desember 2021
| 727 views
Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi NTT, Ir. Lecky Frederich Koli [Foto: Istimewa]

MaxFM, Waingapu – Program unggulan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terus digalakkan saat ini adalah program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) kemitraan. Program ini diyakini dapat meningkatkan ekonomi petani dengan minimal satu hekta are bagi setiap petani.




Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi NTT, Ir. Lecky Frederich Koli menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon langsung dengan Radio Max 96.9 FM Waingapu dalam acara “Warga Bicara”. Dijelaskannya program TJPS Kemitraan ini disebut sebagai kemitraan karena tidak hanya dibiayai oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi NTT, namun juga dibiayai oleh berbagai mitra perbankan hingga perusahaan yang akan membeli jagung hasil petani.

Menurutnya program ini sudah dalam proses pelaksanaan di Kabupaten Manggarai Timur dan Sikka yang akan mulai penanaman pada Januari 2022 mendatang dengan luasan lahan yang disediakan seluas 1.500 hekta are (Ha) dan akan terus bertambah di kabupaten/kota lainnya di NTT.

“Manggarai Timur ada 500 hekta are yang siap tanam sedangkan di Sikka ada 1.000 hekta are dan itu sudah dibiayai oleh Bank NTT,” jelasnya.



Show Buttons
Hide Buttons