Scroll to Top
Ritual Mangejing: Menjaga Harmoni Alam Semesta di Tana Marapu
Posted by maxfm on 2nd Desember 2021
| 476 views
Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing (tengah) foto bersama dengan pejabat dari Kemendikbudristek, dan sejumlah pejabat lainny. (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Ritual Mangejing adalah salah satu ritual penting dalam masyarakat Sumba yang berkepercayaan Marapu. Dimana dari ritual ini, umat Marapu memohonkan kesuburan lahan, kecukupan hujan di musim penghujan hingga hasil laut yang cukup dan juga kesehatan diri, keluarga serta hewan peliharaan dan tanaman.




Penulis naskah dan pembuat film dokumenter Ritual Mangejing, Gusti Dida menjelaskan hal ini dalam peluncuran dan pemutaran lerdana film ini di MMX Caffe, Senin (29/11/2021).

Dijelaskannya Ritual Mangejing adalah ritual yang dilakukan oleh masyarakat Sumba berkepercayaan Marapu untuk terhubung dengan tuhan yang mereka percayai melalui sejumlah tahapan. Dimana diawali dengan persiapan, memasang bambu dengan kain putih berpotongan seperti tubuh manusia di sudut rumah adat.

Selanjutnya ada hamayang atau doa yang dilakukan para imam semalaman dalam ruangan yang gelap, baru kemudian pagi harinya dengan membawa bendera merah-hitam dan menunggang kuda para pasukan pelaksana Ritual Mangejing berangkat ke mesbah di padang untuk melakukan ritual.



“Setelah melakukan ritual di mesbah padang, pasukan kembali ke kampung dengan sukacita,” jelasnya.

Namun menurut Gusti, Ritual Mangejing belum berakhir disitu. Karena harus dilakukan juga ritual di mesbah pantai yang dilakukan keesokan harinya, lalu dilanjutkan lagi dengan tahapan terakhir yakni membersihkan peralatan-peralatan sakral oleh para imam.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons