Scroll to Top
Pemilihan Benih Jagung adalah Kunci
Posted by maxfm on 18th Desember 2021
| 731 views
Petani Jagung NTB, I Ketut Teron [Foto: Istimewa]

MaxFM, Waingapu – Pemilihan benih jagung yang akan ditanam pada lahan pertanian jagung yang disiapkan petani adalah kunci untuk keberhasilan dalam pertanian jagung. Selain itu pengolahan lahan, jarak tanam hingga pemberian pupuk juga ikut menentukan maksimal tidaknya hasil panen nantinya.



Hal ini diungkapkan I Ketut Teron salah satu petani dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam testimoninya sebagai petani jagung sekitar lima tahun terakhir dalam talkshow Radio Max 96.9FM – Waingapu didukung oleh Pelayanan Indonesia Timur (PIT) yang juga disiarkan melalui media zoom dan siaran langsung youtube Rabu (08/12/2021). Dijelaskannya saat ini pertanian jagung sudah menjadi idola masyarakat NTB karena terbukti sangat berdampak dalam peningkatan ekonomi masyarakat petani.

Salah satu kebun untuk menanam jagung di NTB [Foto: Istimewa]

“Beberapa tahun lalu daerah saya masih rawan kejahatan karena kesulitan ekonomi. Tetapi sekarang sudah hampir tidak ada lagi kejahatan,” ungkapnya.




Dijelaskannya karena daerah NTB juga merupakan daerah dengan kontur tanah dan juga curah hujan yang terbatas seperti di NTT pada umumnya sehingga para petani disana harus pintar-pintar memilih benih yang akan ditanam di lahan pertanian mereka agar hasilnya tidak mengecewakan mereka.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons