Scroll to Top
Yasalti Data Penyandang Disabilitas untuk Pelayanan Vaksinasi Covid-19
Posted by maxfm on 21st November 2021
| 534 views
Direktur Yasalti, Ninu Rambu W. Lodang [Foto: ISTIMEWA]

MaxFM, Waingapu – Yayasan Wali Ati (Yasalti) Waingapu Sumba Timur melakukan pendataan terhadap anak-anak penyandang disabilitas yang ada di tiga kecamatan wilayah pelayanan Yasalti di Kabupaten Sumba Timur untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19. Hasilnya 2.000 penyandang disabilitas terdata dan dalam waktu dekat akan segera diberikan pelayanan vaksinasi Covid-19.




Direktur Yasalti, Ninu Rambu W. Lodang menyampaikan hal ini dalam talkshow bersama Radio MaxFm Waingapu, Kamis (18/11/2021), acara talkshow ini didukung OHANA Indonesia. Dijelaskannya pendataan penyandang disabilitas untuk pemberian layanan vaksinasi Covid-19 ini merupakan kerja sama Yasalti Waingapu dengan Yayasan Ohana Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas.

Menurutnya langkah ini diambil karena walau saat ini prosentase pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur sudah diatas 50 persen, penyandang disabilitas yang sudah mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 masih sangat sedikit. Karena dari 754 anak penyandang disabilitas yang menjadi binaan Yasalti hingga saat ini baru sekitar 100 orang yang sudah mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19.

Dijelaskannya permasalahan yang dihadapi para penyandang disabilitas saat ini cukup beragam hingga belum bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19. Diantaranya masih ada keraguan dari para orang tua akan kemungkinan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) karena adanya penyakit lain yang diderita anak penyandang disabilitas, kesulitan penyandang disabilitas menjangkau tempat pelayanan vaksin, hingga adanya informasi yang tidak benar mengenai adanya chip tertentu dalam vaksin Covid-19.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons