Scroll to Top
Guru dan Siswa SMAN 1 Kambera Berkomitmen Wujudkan Sekolah Tanpa Kekerasan
Posted by maxfm on 22nd November 2021
| 889 views
Kepala Sekolah SMAN 1 Kambera (tengah) memberikan sambutan saat pembukaan kegiatan, Sabtu (20/11/2021). (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Guru dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kambera berkomitmen untuk bersama saling mendukung mewujudkan SMAN 1 Kambera sebagai sekolah ramah anak tanpa kekerasan.




Hal ini terbaca dari sejumlah komitmen yang ditulis dan ditempelkan para guru maupun siswa SMAN 1 Kambera usai mengikuti kegiatan pelatihan sekolah tanpa kekerasan (perundungan, kekerasan seksual, dikriminasi) di sekolah tersebut, Sabtu (20/11/2021) dan menghadirkan dua orang pemateri yakni Advisor Perlindungan Anak INOVASI Jakarta, Wiwit Arianti dan pengelola program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Save the Children, Retno Indrawati.

Komitmem ini sendiri diambil diakhir kegiatan, dimana para guru dan siswa diminta untuk menuliskan komitmen mereka tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan secara pribadi guna mendukung terwujudnya SMAN 1 Kambera sebagai sekolah layak anak tanpa kekerasan untuk satu tahun ke depan.

Dari tulisan-tulisan tersebut, para guru berkomitmen untuk tidak lagi membully anak-anak dengan kata-kata kasar maupun kekerasan fisik dan memberikan ruang yang luas kepada anak-anak untuk berkarya tanpa kekerasan.



Sedangkan para siswa berkomitmen untuk selalu berusaha mengikuti perintah guru, sepakat untuk tidak lagi menjadi pelaku kekerasan, bully dan diskriminasi serta membantu teman yang menjadi korban bully hingga melaporkan kepada pihak yang lebih berkompeten atau pihak kepolisian jika ditemukan tindakan kekerasan berat yang tidak bisa ditolerir.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons