Scroll to Top
Pegawai Dinkes Diambil Swab untuk Ujicoba Mesin PCR
Posted by maxfm on 22nd Mei 2021
| 364 views
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur
Dokter Chrisnawan Tri Haryantana sedang diambil
sampel dari hidung untuk diperiksa di
Lab. PCR RSUD Umbu Rara Meha Sumba Timur. [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Pegawai pada Dinas kesehatan Kabupaten Sumba Timur dan Puskesmas diambil swab, Jumat (21/5/2021). Pengambilan swab ini dilakukan untuk dilakukan ujicoba penggunaan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha (RSUD URM) Waingapu.



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Tri Haryantana menyampaikan hal ini kepada MaxFm, Jumat (21/5/2021). Dijelaskannya ujicoba penggunaan mesin PCR ini juga dilakukan sebagai bagian dari tahapan penggunaan mesin PCR tersebut untuk pelacakan dan mempercepat proses pemeriksaan sampel.

Dijelaskannya pengambilan sampel kali ini dilakukan masih dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Puskesmas-Puskesmas yang ada di seputaran Kota Waingapu sehingga masih akan dicari lagi dari tempat-tempat yang lain guna memenuhi jumlah sampel yang dibutuhkan untuk ujicoba penggunaan mesin PCR nantinya.



“Rencananya hari senin atau selasa akan dilakukan ujicoba sehingga kita ambil swab teman-teman (ASN di Dinkes dan Puskesmas) ini,” jelasnya.

Menurutnya pemeriksaan yang akan dilakukan Senin hingga Selasa (24-25/5/2021) mendatang adalah bagian dari supervisi dari Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) apakah mesin PCR ini sudah dapat digunakan untuk pemeriksaan sampel atau belum.




“Teman-teman dari Dinas Kesehatan Provinsi akan datang hari Senin untuk supervisi sebelum mesin PCR ini digunakan,” ungkapnya.

Chrisnawan juga menjelaskan pengambilan sampel swab ini selain untuk ujicoba penggunaan mesin PCR di RSUD URM Waingapu, diharapkan bisa menjadi bagian dari proses tracing di lingkungan Dinkes Kabupaten Sumba Timur dan juga Puskesmas-Puskesmas.




“Ini juga sekaligus untuk tracing teman-teman disini (Dinkes dan Puskesmas),” jelasnya.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons