Scroll to Top
Bupati Minta Masyarakat Taat Prokes
Posted by maxfm on 22nd April 2021
| 503 views
Bupati Sumba Timur, Drs. Kristofel Praing, M.Si., [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si. meminta masyarakat Sumba Timur untuk taat melakukan protokol kesehatan (Prokes) untuk melindungi diri dari paparan Covid-19. Pasien Covid-19 yang melakukan karantina mandiri juga diminta untuk tidak berinteraksi dengan orang lain.



Hal ini disampaikannya kepada MaxFm melalui sambungan telepon dengan Radio Max 96.9 FM, Kamis (22/4/2021). Dijelaskannya peningkatan kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur yang sangat signifikan dalam sepekan terakhir harus disikapi secara bijak oleh semua elemen masyarakat.

“Semua kita harus taat pada protokol kesehatan,” jelasnya.

Untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan di ruang-ruang publik, Khris Praing mengaku pemerintah telah melakukan revisi terhadap Surat Edaran Bupati Sumba Timur tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengatur mengenai bekerja dari rumah untuk ASN sebanyak 75 persen, sehingga hanya 25 persen ASN yang akan bekerja di kantor.



Selanjutnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI/Polri juga mulai dikerahkan untuk melakukan penertiban kepada masyarakat yang beraktivitas diluar rumah dam masih mengabaikan protokol kesehatan.

“Sudah tiga hari dilakukan tilang masker di jalan-jalan protokol,” jelasnya.

Namun Khris Praing menegaskan ketaatan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan jangan hanya dilakukan saat berada di depan petugas yang sedang melakukab tilang masker. Namun harus dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab saat ada atau tidak ada petugas.

“Jangan hanya pakai masker saat ada petugas,” tegasnya.




Kepada pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, Khris Praing menegaskan agar ikut bertanggung jawab untuk benar-benar melakukan isolasi mandiri di rumah dan tidak melakukan kontak fisik dengan anggota keluarga atau bahkan beraktivitas di ruang publik. Karena itu dirinya mengaku sudah menginstruksikan kepada ketua RT, Lurah dan Camat untuk mengawasi secara ketat kepada semua masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

“Kita juga sedang pikirkan untuk jadwalkan tenaga kesehatan pantau kondisi kesehatan yang isolasi mandiri,” urainya.




Semangat kebersamaan perlu dilakukan oleh semua elemen masyarakat agar langkah-langkah antisipasi dan penanganan yang sedang dan akan dilakukan pemerintah bisa berjalan maksimal.

“Setelah 14 hari pelaksanaan PPKM, akan kita evaluasi langkah apa yang harus kita lakukan lagi,” tegasnya.

Khris Praing juga mengharapkan dukungan dari Radio Max 96.9 FM untuk bersama pemerintah terus mengajak masyarakat untuk melindungi diri, keluarga, sesama dan masyarakat Sumba Timur secara keseluruhan dari paparan Covid-19, yakni rajin mencuci tangan, menggunakan masker, hingga menghindari kerumunan.



“Kami minta tolong juga dengan Max FM untuk membantu pemerintah mengajak masyarakat taat Prokes,” tandasnya.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons