Scroll to Top
YI Sembunyikan Bayi dalam Tas Ransel
Posted by maxfm on 6th Maret 2021
| 127 views
Jasad bayi perempuan yang diisi di ransel saat berada di ruang jenasah RSUD URM Waingapu. (FOTO: ISTIMEWA)

MaxFm, Waingapu – Seorang ibu berinisial YI berbuat nekat dengan menyembunyikan bayi yang baru dilahirkannya ke dalam tas ransel dan meninggalkan bayi malang tersebut di dalam kamar tidurnya. YI kemudian pergi dari rumah dan sedang dalam pencarian aparat kepolisian dari Polsek Waingapu Kota dan Buser Polres Sumba Timur.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono, S.Ik menyampaikan hal ini kepada wartawan melalui pesan WhatsApp Jumat (5/3/2021). Dijelaskannya jasad bayi malang tersebut pertama kali ditemukan kakak kandung YI, Wehelmina Bili yang curiga karena sempat bertemu dengan adiknya di pasar dalam keadaan perutnya sudah mengecil.



Selanjutnya Wehelmina kemudian langsung bergegas pulang ke rumah dan mengecek kamar tidur yang ditempati YI dan suaminya, Yantonius Gono untuk memastikan adiknya tersebut telah melahirkan dan bayinya aman. Namun setelah tiba di rumah dan mencari di kamar tidur yang digunakan YI dan suaminya, Wehelmina justru menemukan tumpukan pakaian yang menutupi sebuah tas ransel di salam satu bagian kamar.

“Setelah bongkar tumpukan pakaian dan membuka ransel ternyata benar ada bayi di dalamnya dalam bayi nya sudah meninggal,” jelas Handrio mengutip keterangan Wehelmina.

Setelah menemukan jasad bayi perempuan di dalam tas ransel tersebut, Wehelmina langsung berteriak meminta pertolongan kepada warga sekitar dan kemudian melaporkan peristiwa naas yang dialami bayi baru lahir tersebut ke aparat kepolisian di Polsek Waingapu Kota untuk dilakukan penyelidikan.



Arvianus Malo Tundu (31) secara terpisah membenarkan jasad bayi perempuan tersebut ditemukan oleh istrinya sekitar pukul 09:10 Wita setelah pulang dari pasar dan sempat berpapasan dengan YI yang sudah tidak kelihatan hamil besar.

“Istri saya pulang dari pasar dan melihat ada darah di lantai rumah jadi mencari sumber darah dan akhirnya ditemukan jasad bayi di dalam tas,” jelas Arvianus.

Dijelaskannya peristiwa ini merupakan yang kedua kalinya setelah tiga tahun lalu YI juga pernah menyembunyikan anaknya di dalam almari, namun karena lebih cepat ditemukan sehingga anak tersebut berhasil diselamatkan dan saat ini sudah berusia lebih dari tiga tahun.

“Mungkin dia (YI) ada sakit atau apa sehingga bisa melakukan seperti ini (menyembunyikan bayi nya di dalam ransel),” ungkapnya.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono, S.Ik menjelaskan peristiwa penemuan jasad bayi di Kilo Meter 6, RT 020 RW 012, Kelurahan Temu, Kecamatan Kanatang ini sudah diterima pihak kepolisian dan saat ini dalam penyelidikan untuk menentukan siapa pelaku pembuangan bayi tersebut.




Karena YI yang diduga sebagai ibu dari bayi yang ditemukan Wehelmina tersebut saat ini masih dalam pencarian karena diduga langsung pergi meninggalkan rumah setelah berhasil menolong dirinya sendiri dalam proses persalinan di rumah kakaknya.

“Suaminya yang sudah kita panggil dan sedang diambil keterangan oleh penyidik di Polres,” jelas Handrio.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons