Scroll to Top
Sambut HSN, MaxFm Selenggarakan Lomba Menulis Cerpen
Posted by maxfm on 21st Maret 2021
| 747 views
Sambut HSN, MaxFm Selenggarakan Lomba Menulis Cerpen

MaxFM, Waingapu – Dalam rangka merayakan Hari Siaran Nasional (HSN) tahun 2021 Kamis (1/4/2021) mendatang, Radio Max 96.9FM Waingapu menyelenggarakan Lomba Menulis cerita pendek (Cerpen) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Lomba ini dibuka kepada siswa-siswi SMP/SMA sederajat se daratan Sumba.




Kepada siswa-siswi SMP/SMA sederajat se daratan Sumba yang ingin mengikuti lomba ini dapat mengirimkan tulisannya melalui email dengan alamat email tujuan maxfmwgp@gmail.com dan waingapuhdd@gmail.com, dengan mencantumkan Subyek: Lomba Menulis Cerpen, dengan rentang waktu pengiriman tulisan dimulai Senin (22/3/2021) hingga Kamis (22/4/2021) pukul 23:59 Wita.

Frans Wora Hebi (FWH), selaku juri dalam lomba ini menuturkan, lomba ini merupakan kelanjutan dari program pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah di Radio Max 96.9FM yang juga di asuhnya sebagai guru dan disiarkan setiap Senin mulia 18.00 WITA.




“Lewat acara sekolah di Radio pelajaran Bahasa Indonesia, kami ingin memberikan alternatif ruang belajar siswa di radio yang sudah selama hampir setahun belajar di rumah tanpa tatap muka dengan guru” jelasnya.

Frans Wora Hebi, yang adalah pensiunan guru sekaligus penulis buku Sebuah Autobiografi Jejak Langkah Frans Wora Hebi Wartawan Pertama Sumba ini menambahkan, belajar di radio ini hanyalah sebuah alternatif model belajar yang ditawarkan Radio Max 96.9 FM kepada siswa di masa Pandemi Covid-19 saat ini. Namun tentu saja masih banyak model belajar yang bisa dilakukan guru untuk mengurangi Learning Loss (Ketimpangan Belajar) yang dialami siswa.

Mengenai ketentuan lomba, pria yang akrab disapa FWH ini menguraikan setiap peserta lomba bebas menentukan judul, tema/topik bisa menyangkut pendidikan, keluarga, cinta, persahabatan, dan lain sebagainya. Selanjutnya bahasa, layaknya cerpen sebagai karya fiksi, plot, jalinan-jalinan peristiwa yang padu sehingga ceritanya logis, Cerpen harus mengandung amanat, pesan moral, tidak mengandung unsur pornografi.



Ketentuan lain adalah karangan sebaiknya diketik 1,5 spasi, peserta lomba, mencantumkan nama, nama sekolah, lokasi sekolah (desa/kecamatan/kabupaten), kalau ada nomor kontak telepon/WhatsApp, tokoh cerita sebaiknya tidak lebih dari tiga sehingga ceritanya tidak membias/meluas.

“Peserta yang ingin konsultasi tentang cerpen yang sedang ditulis bisa mengirim email ke maxfmwgp@gmail.com dan waingapuhdd@gmail.com dengan menulis subyek Konsultasi, dan pertanyaan nya akan dijawab melalui email,” jelasnya.

Sementara itu Heinrich Dominggus Dengi selaku Pimpinan Radio Max 96.9FM menyampaikan bahwa total hadiah uang tunai yang disiapkan pantia mencapai jutaan rupiah ditambah dengan hadiah hiburan lainnya, sehingga bagi siswa/siswi SMP/SMA sederajat yang ada di Pulau Sumba diminta untuk ikut berpartisipasi dalam lomba ini.



Bahkan pria yang akrab disapa Heni ini juga mempersilahkan kepada siswa/siswi atau guru yang ingin menanyakan perihal lomba ini disilahkan untuk dapat berkonsultasi langsung dengan dirinya melalui pesan singkat atau WhatsApp di nomor kontak 081339456399.

Heinrich mewakili panitia juga menyampaikan terima kasih untuk banyak pihak yang mendukung kegiatan ini, baik dukungan secara perorangan maupun perusahaan, dukungan dari banyak pihak makin menambah gairah panitia menggelar acara lomba cerpen ini kata dia bersemangat.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons