Scroll to Top
Gempa Sumba, Gempa Pertama 2021
Posted by maxfm on 1st Januari 2021
| 996 views

MaxFM, Waingapu – Gempa yang mengguncang Pulau Sumba pagi ini merupakan gempa kuat IV MMI yang dirasakan pertama yang terjadi di awal tahun 2021. Gempa Sumba terjadi pada hari Jum’at, 1 Januari 2021 pagi hari pukul 06.12.35 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo 5,0.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui keterangan pers yang diterima maxfmwaingapu.com mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 9,27 LS dan 119,03 BT tepatnya di laut pada jarak 21 km arah Barat Laut Kota Tambolaka, Sumba Barat Daya, NTT dengan kedalaman hiposenter 83 km.



Lanjut Daryono, guncangan gempa dirasakan sangat kuat di Tambolaka dalam skala intensitas IV MMI menyebabkan warga lari berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Sementara di Waingapu, Waikabubak, dan Bima, gempa dirasakan dalam skala intensitas III MMI, dan di Labuan Bajo guncangan dalam intensitas II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.




Gempa Sumba yang terjadi merupakan jenis gempa berkedalaman menengah akibat adanya deformasi batuan pada bagian slab Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Kepulauan Sunda Kecil (NTB-NTT).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan kombinasi mendatar dan naik (oblique thrust fault).

Masih kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono hingga pukul 07.00 WIB pagi ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Masyarakat kata Daryono dihimbau untuk waspada karena akhir-akhir ini aktivitas gempa signifikan dan dirasakan di Sumba sering terjadi.



Dalam catatan BMKG lanjut Daryono menunjukkan Gempa Sumba Timur pada 1 Oktober 2018; magnitudo 6,0 merusak banyak rumah dan beberapa orang luka. Selanjutnya Gempa Sumba Timur pada 2 Oktober 2018 kembali terjadi magnitudo 6,3 yang juga merusak banyak rumah. [HD]

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons