Scroll to Top
KPU Cantumkan Waktu Pencoblosan pada Surat Pemberitahuan
Posted by maxfm on 1st Desember 2020
| 264 views
Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Landi, ST [Foto: ONI]

MaxFM, Waingapu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur akan mencantumkan waktu pencoblosan di surat pemberitahuan kepada setiap pemilih. Pencantuman waktu pencoblosan ini sebagai bagian dari langkah mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Landi, menyampaikan hal ini kepada MaxFm melalui sambungan telepon, Selasa (1/12/2020). Dijelaskannya langkah ini adalah satu dari sejumlah langkah yang diambil untuk mencegah terjadinya kerumunan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Langkah lain yang juga dilakukan KPU Kabupaten Sumba Timur dalam menaati protokol kesehatan Covid-19 dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Sumba Timur, 9 Desember mendatang adalah menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitiser, masker, face shield, sarung tangan plastik, disinfektan hingga bilik khusus dengan baju hazmat.




“Masker dan penutup wajah (face shield) untuk petugas, sedangkan sarung tangan plastik untuk semua pemilih, sehingga tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda yang ada di dalam TPS,” jelasnya.

Diuraikannya untuk memastikan tidak ada kontak langsung antara petugas maupun pemilih di TPS, peraturan KPU mengatur untuk penggunaan tinta kepada setiap pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya, tidak lagi mencelupkan jarinya sendiri le tempat tinta. Namun tintanya akan diteteskan oleh petugas, setelah pemilih melepaskan sarung tangan plastik nya dan mencuci tangan di pintu keluar.




“Jadi benar-benar kita minimalisir kontak antara pemilih dan petugas kita di TPS, serta langkah ini bagian dari upaya perlindungan yang bisa dilakukan KPU Kabupaten Sumba Timur kepada pemilih yang datang ke TPS sekaligus melindungai petugas di TPS,” urainya.

Bahkan untuk memastikan setiap pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS berada dalam kondisi sehat, akan ada petugas di TPS yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap pemilih dengan menggunakan thermo gun. Karena itu bagi pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37⁰c akan memberikan suaranya di bilik khusus yang disediakan.

“Kita juga siapkan baju hazmat untuk ini (pemilih dengan suhu tubuh diatas 37⁰c),” jelasnya.



Mengenai persiapan pendropingan logistik ke tingkat bawah, Oktavianus mengaku saat ini sejumlah logistik sudah tiba dan dalam proses sortir untuk segera didistribusikan ke PPK hingga PPS dan KPPS.

“Kita akan dahulukan logistik ke daerah-daerah yang sulit paling lambat empat hari sebelum hari H pemilihan,” ungkapnya.



Untuk menghindari kerumunan setelah pencoblosan, Oktavianus menghimbau agar masyarakat bisa langsung pulang ke rumah masing-masing setelah memberikan suaranya, sehingga tidak terjadi kerumunan di TPS.

“Penghitungannya langsung dengan hasil dari TPS yang bisa dipantau masyarakat lewat portal KPU,” ungkapnya.

Oktavianus juga menjelaskan saat ini pihaknya sudah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan kepada penyelenggara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan akan segera dilakukan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS).



“Kita rencanakan akan kita lakukan juga untuk teman-teman Linmas kita yang akan bertugas di TPS,” tandasnya.(TIM).

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons