Scroll to Top
Radio MaxFm Siarkan Langsung Debat Terbuka Paslon
Posted by maxfm on 12th November 2020
| 158 views
Foto bersama Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur selepas acara Debat Terbuka di Gedung Umbu Tipuk Marisi Waingapu, Kamis (12/11/2020) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFm, Waingapu – Radio Max 96.9FM Waingapu dipercaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur untuk menyiarkan secara langsung debat terbuka pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Sumba Timur, Kamis (12/11/2020).

Debat terbuka Paslon Bupati-Wakil Bupati Sumba Timur ini sendiri dilaksanakan di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, dihadiri kedua Paslon, Kristofel A. Praing-David Melo Wadu dan Umbu Lili Pekuwali-Yohanes Hiwa Wunu, dan dipandu oleh presenter TvOne, Brigita Manohara. Debat terbuka ini juga dihadiri Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbiliyora, M.Si., Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq, Bawaslu Sumba Timur, pengurus partai politik pengusung calon, dan sejumlah undangan lainnya.



Debat ini sendiri berlangsung dalam empat sesi yakni sesi pertama penyampaian visi-misi oleh masing-masing Paslon yang diawali oleh Paslon nomor urut 1, diikuti Paslon nomor 2, kemudian sesi kedua pendalaman visi-misi dari tim panelis yang soalnya sudah disediakan dan ditarik oleh Paslon lalu dibacakan oleh moderator.

Selanjutnya pendalaman visi-misi dari masing-masing Paslon kepada Paslon lainnya dengan cara memberikan pertanyaan, jawaban, tanggapan jawaban dan terakhir sesi ajakan memilih dari masing-masing Paslon.



Dalam pemaparan visi-misi calon bupati dari Paslon nomor urut 1, Kristofel A. Praing menguraikan visi mereka adalah sejahtera, harmoni dan tertib yang disingkat Sehati. Karena itu, sejumlah misi dan program kerja diuraikan untuk mewujudkan visi ini jika diperkenankan Tuhan memimpin Sumba Timur lima tahun ke depan dengan meraih suara terbanyak pada Pemilukada serentak tahun 2020 yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang.

Dimana sejahtera artinya sebuah kondisi sosial politik budaya masyarakat yang produktif dan mampu memenuhi kebutuhan dasarnya secara layak dan berkelanjutan. Selanjutnya Harmoni artinya adanya keselarasan dalam seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta tertib menggambarkan situasi pemerintahan yang inklusif dan berkeadilan berdasarkan pada norma, kaidah dan hukum dalam mewujudkan stabilitas, pemerataan dan pembangunan berkelanjutan.




“Visi ini kami uraikan dalam tiga misi, lima strategi dan juga lima agenda pembangunan selama lima tahun,” urai mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumba Timur ini.

Calon Bupati Sumba Timur dari Paslon ULP-YHW, Umbu Lili Pekuwali dalam pemaparan visi-misi nya menegaskan, visi Paslon ULP-YHW adalah bersama rakyat mewujudkan Sumba Timur Emas yakni Mandiri, Adil dan Sejahtera. Dimana visi ini kemudian diuraikan dalam lima misi, lima program aksi dengan sejumlah rincian aksi, serta empat strategi pembangunan daerah.



Lima misi Paslon yang diusung Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini adalah melakukan transformasi ekonomi masyarakat yang mandiri dan berdaya saing, transformasi Sumber Daya Manusia yang sehat dan cerdas, transformasi pembangunan infrastruktur yang berkualitas, merata dan ramah lingkungan, transformasi birokrasi yang profesional, efektif, demokratis dan terpercaya, serta transformasi pengelolaan pariwisata secara fokus dan terintegrasi.




“Tujuan dari lima program aksi yang kami rancang ini sekiranya Tuhan berkenan kami terpilih pada 9 Desember nanti adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan, terutama untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam Pandemi Covid-19 saat ini,” tandas Wakil Bupati Sumba Timur periode 2016-2021 ini.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons