Scroll to Top
Pelayanan Pencetakan KTP-El di Dispendukcapil Sumba Timur Terhenti
Posted by maxfm on 7th Oktober 2020
| 350 views
Pelaksana tugas Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sumba Timur, Nicolas Radandima. (FOTO:ONI).

MaxFM, Waingapu – Pelayanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumba Timur terhenti sejak Selasa (6/10/2020). Penghentian pelayanan pencetakan KTP-El ini diperkirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dispendukcapil Kabupaten Sumba Timur, C. W. Ivony Supusepa saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (7/10/2020) mengaku pihaknya kehabisan ribbon sejak Selasa (6/10/2020) sehingga pelayanan pencetakan KTP-El bagi masyarakat terpaksa dihentikan untuk sementara waktu sampai dengan mendapatkan ribbon lagi.

“Kita memang terpaksa harus hentikan pencetakan KTP-El ini, karena ribbon nya habis,” jelasnya.




Dijelaskannya pihaknya tidak bisa juga mengeluarkan surat keterangan selain dokumen resmi yang ada, apalagi Kabupaten Sumba Timur saat ini dalam proses untuk Pemilukada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

“Pak Dirjen Kependudukan melarang kami menerbitkan surat keterangan selain dokumen resmi, sehingga kami harapkan masyarakat bersabar,” jelasnya.




Menurutnya proses pengadaan ribbon saat ini masih dalam proses pelelangan sehingga diperkirakan baru dapat dilakukan pelayanan pencetakan KTP-El pada akhir bulan ini atau awal bulan November mendatang. “Kami tidak bisa bilang satu minggu atau dua minggu. Takutnya masyarakat datang dan sudah keluarkan biaya, tahu-tahunya belum jadi,” urainya.

Ivony menambahkan kendala lain yang selama ini dihadapi dalam proses pencetakan KTP-El adalah kondisi printer yang sudah tidak terlalu baik lagi, sehingga terkadang hasil cetak KTP-El nya terdapat garis yang tidak perlu. Namun pihaknya tetap berupaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.



“Kalau kita putuskan untuk stop sama sekali, kasihan juga masyarakat yang membutuhkan KTP-El untuk berbagai keperluan,” urainya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sumba Timur, Nicolas Radandima yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon Rabu (7/10/2020) membenarkan adanya kehabisan ribbon di kantor yang baru dipimpinnya beberapa pekan ini. Diakuinya ribbon merupakan bahan yang dibutuhkan sebagaimana printer kertas yang membutuhkan tinta, atau toner. Karena itu, ketiadaan ribbon praktis menghentikan pencetakan KTP-El.

Walau demikian, Nicolas menguraikan pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak ketiga untuk membantu memberikan ribbon lebih cepat dari proses pengadaan, sehingga proses pelayanan kepada masyarakat bisa segera kembali dilaksanakan. Pasalnya permintaan pencetakan KTP-El dari masyarakat terus masuk setiap harinya.

“Pihak ketiga janjikan kepada kami hari Senin (12/10/2020) depan ini sudah bisa ada. Jadi kita bisa layani masyarakat,” urainya.



Mengenai kondisi printer yang rusak, Nicolas mengakui kondisi sejumlah printer di Dispendukcapil Kabupaten Sumba Timur memang dalam keadaan yang kurang baik. Karena printer-printer tersebut sudah lama dan belum ada anggaran untuk pengadaan printer baru.

Mengenai jumlah KTP-El yang dapat dicetak setiap harinya di Dispendukcapil Kabupaten Sumba Timur, Nicolas mengaku bisa mencapai 500 keping setiap harinya. Namun tetap bergantung pada sistem dan jaringan yang ada.



“Tergantung juga dengan banyaknya permintaan masyarakat. Tetapi kemampuan alat kita satu hari bisa 500 keping,” tandasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons