Scroll to Top
Gubernur VBL Minta Presiden Jokowi Kunjungi Sumba
Posted by maxfm on 2nd Oktober 2020
| 1729 views
Gubernur NTT – Viktor Bungtilu Laiskodat

MaxFM, Waingapu – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, SH meminta Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo untuk kembali mengunjungi Pulau Sumba yang direncanakan Desember 2020 mendatang. Permintaan kunjungan presiden ini untuk melihat pembangunan energi terbarukan dari sinar matahari untuk menyuplai kebutuhan energi listrik di Pulau Jawa, Sumatera maupun Bali.

Permintaan ini disampaikan Gubernur VBL, saat menerima kunjungan Presiden Jokowi di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis (1/10/2030), sebagaimana disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu, melalui sambungan telepon dengan MaxFm, Jumat (2/10/2020).

“Masyarakat Sumba dimohon untuk berdoa, agar bulan Desember mendatang bapak presiden bisa kembali menginjakkan kakinya di Pulau Sumba,” jelas Marius.



Mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT ini menambahkan, rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Pulau Sumba, Desember 2020 mendatang memang masih dalam diskusi lepas antara Gubernur VBL dan Presiden Jokowi. Namun mengingat Sumba merupakan salah satu Pulau dengan potensi panas matahari yang sangat bagus, dan adanya rencana pengembangan energi matahari sebagai energi terbarukan, diharapkan Presiden Jokowi dapat mengunjungi Sumba dan pembangunan proyek ini dapat diwujudkan.




“Pulau Sumba memiliki panas matahari yang sangat baik, yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik Pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Jadi para bupati bisa berkomunikasi dengan bapak Gubernur untuk bersama mewujudkan rencana ini,” tegasnya.

Selain energi matahari yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali, Mantan Penjabat Bupati Manggarai ini juga menambahkan, dalam diskusi Gubernur VBL dan Presiden Jokowi, Kamis (1/10/2020) di Labuan Bajo, Gubernur VBL juga meminta bantuan perhatian dari Presiden Jokowi untuk membantu masyarakat Pulau Sumba dengan 100 alat berat dan 500 traktor besar, guna mengolah lahan pertanian di Sumba dengan program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) yang juga menjadi salah satu program andalan Pemprov NTT saat ini.



“Bapak Gubernur juga minta dukungan bapak Presiden untuk mendukung program TJPS, dengan membantu ratusan alat berat dan juga traktor besar, dan ini akan sangat baik untuk menggerakkan pembangunan ekonomi di Sumba,” urainya.

Terkait kunjungan Presiden Jokowi Kamis (1/10/2020) di Labuan Bajo, doktor jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menjelaskan, Presiden Jokowi mengunjungi sejumlah proyek nasional yang ada di Labuan Bajo guna mewujudkan Pulau Komodo, Manggarai Barat sebagai destinasi wisata Super Premium.



“Bapak Presiden mengunjungi terminal multypurpose di Wae Kelambu, Goa Batu Cermin, Kampung Ujung dan juga Waececu yang merupakan proyek-proyek nasional, termasuk menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM,” urainya.



Menurutnya dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan akan memberikan perhatian kepada pelaksanaan proyek-proyek tersebut untuk bisa selesai di akhir Desember 2021 mendatang, sehingga pariwisata super premium Pulau Komodo bisa berjalan dengan dukungan fasilitas-fasilitas yang hebat.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons