Scroll to Top
Paket ULP-YHW Resmi Daftarkan Diri ke KPU Sumba Timur
Posted by maxfm on 5th September 2020
| 212 views
Komisioner KPU, Bawaslu, Bacalon Paket ULP-YHW dan Partai pengusung foto bersama usai pleno penerimaan dokumen pendaftaran Bacalon ULP-YHW. (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Bakal pasangan calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur yang diusung Partai Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Umbu Lili Pekuwali, ST., MT – Ir. Yohanes Hiwa Wunu, M.Si (ULP-YHW) resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur untuk ikut bertarung dalam Pemilukada Kabupaten Sumba Timur 9 Desember mendatang. Usai mendaftar, pasangan ini menyerukan Pemilukada yang gembira bersama semua masyarakat Sumba Timur.

Pantauan media ini pasangan ini diarak pengurus partai pengusung, bersama tim relawan dari sekretariat pasangan ini di Jalan Ahmad Yani melintasi Hambala dan tiba di Kantor KPU Kabupaten Sumba Timur sekitar pukul 11:43 Wita. Aparat keamanan dan staf dari KPU Kabupaten Sumba Timur langsung mengarahkan semua yang diijinkan masuk untuk mencuci tangan dan melalui pemeriksaan suhu tubuh, sebelum mengambil tempat di kursi yang sudah disediakan di halaman Kantor KPU setempat.

Tampak dari Partai Golkar sendiri ikut mengantar pasangan ini, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena, Apt., Ketua Harian Partai Golkar Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq, kemudian Ketua DPC PKB Kabupaten Sumba Timur, Haji Abdul Samad, Ketua Dewan Syuro PKB Sumba Timur, Ketua DPD PSI Kabupaten Sumba Timur, Paulus Maramba Meha, serta pengurus lain ketiga partai, tim pemenangan dan relawan.




Sementara itu, di depan pintu Kantor KPU Kabupaten Sumba Timur, Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Landi bersama empat komisioner lainnya, Romanus Ramone, Muhammad Syadak Balole, Marthen Tanggu Rami, dan Ivony Rambu Wori Nana, beserta Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga dan komisioner Bawaslu lainnya, serta Sekretaris KPU Kabupaten Sumba Timur, KH. Umbu Tamu Hawu, SH., M.Si sudah menanti kedatangan pasangan yang juga akrab dengan tagline Undungu La Eti atau melangkah bersama rakyat ini.

Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Landi pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa pelaksanaan pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur kali ini dilaksanakan dalam situasi Pandemi Covid-19, sehingga semua harus menaati protokol kesehatan yang ada. Karena itu, yang diijinkan masuk ke dalam ruangan hanyalah Bacalon, ketua dan sekretaris partai politik pengusung serta penghubung Bacalon.




“Kita akan kasih tanda pengenal untuk setiap partai politik pengusung dua tanda pengenal dan juga penghubung. Jadi pengurus lain dan simpatisan bisa ikuti dari luar sini, bahkan yang di rumah bisa juga ikut melalui siaran langsung facebook KPU Sumba Timur,” jelasnya.

Usai melakukan pemeriksaan dokumen syarat calon maupun dokumen pencalonan, kepada awak media di halaman depan Kantor KPU setempat, Oktavianus Landi menjelaskan semua dokumen yang disyaratkan telah dilengkapi oleh Bacalon ini, sehingga melalui pleno yang terbuka di depan Bawaslu dan pasangan calon, pihaknya menyatakan dokumen pendaftaran pasangan ini diterima.




“Kita terima dokumen pendaftarannya karena semua dokumen pencalonan lengkap dan sah, serta dokumen syarat calonnya lengkap termasuk hasil negatif RT-PCR untuk bebas Covid. Jadi kita sudah berikan rekomendasi untuk pasangan ini juga melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang sesuai jadwal yang ada yakni tanggal 4-11/9/2020,” jelasnya.

Bakal calon Bupati Sumba Timur dari paket ULP-YHW, Umbu Lili Pekuwali, ST., MT kepada awak media usai berkas pendaftaran paketnya dinyatakan diterima oleh KPU Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (5/9/2020) menjelaskan dengan hanya ada dua Bacalon yang maju dalam Pemilukada Kabupaten Sumba Timur 2020 ini, potensi adanya gesekan antar pendukung kedua pasangan sangat mungkin terjadi kapan saja dalam proses menuju hari pemilihan. Namun dirinya menjelaskan sejak awal, dalam setiap sosialisasi dan tatap muka bersama keluarga dan relawan, pihaknya sudah selalu menyampaikan agar masyarakat pendukung paketnya tetap menjaga sikap dan juga tutur kata untuk tidak menyinggung pasangan lainnya.



Karena menurutnya Pemilukada adalah ruang bagi masyarakat Sumba Timur untuk menentukan pemimpinnya lima tahun ke depan, sehingga tidak boleh sampai terjadi gesekan antar pendukung, apalagi sampai menimbulkan perpecahan dan permusuhan antar sesama warga masyarakat Kabupaten Sumba Timur.

“Meminjam kata-kata pak ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT, pak Melki Laka Lena yang selalu menyampaikan bahwa marilah kita berpilkada dengan gembira, karena Pilkada adalah pestanya rakyat. Jadi kami selalu mengedepankan kesantunan dalam berkomunikasi, termasuk dengan pendukung kami selalu kami himbau untuk selalu santun,” urainya.



Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga kepada awak media usai mengawasi proses pelaksanaan penerimaan dan verifikasi dokumen oleh KPU Kabupaten Sumba Timur untuk dokumen paket ULP-YHW menjelaskan, pihaknya siap melakukan pengawasan terhadap semua tahapan Pemilukada Kabupaten Sumba Timur tahun 2020 ini, termasuk dengan proses pendaftaran Bacalon yang diusung oleh partai politik maupun koalisi partai politik yang dijadwalkan mulai 4-6 September 2020.

“Sesuai pengawasan kami, proses pendaftaran Bacalon dari paket ULP-YHW ini sudah dilaksanakan KPU dengan mematuhi protokol kesehatan, dan dokumen syarat calon maupun dokumen pencalonan lengkap sehingga susah dinyatakan diterima,” tegasnya.



Ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena, Apt., kepada media ini di halaman kantor KPU Kabupaten Sumba Timur menjelaskan, dirinya memberikan perhatian khusus untuk Sumba Timur sehingga memilih untuk ikut mengantar pasangan ULP-YHW mengantar dokumen pendaftaran ke KPU Kabupaten Sumba Timur. Karena itu dirinya sudah menegaskan kepada semua tim pemenangan dan relawan ULP-YHW agar bekerja sungguh-sungguh guna memenangkan pasangan ULP-YHW dalam Pemilukada Kabupaten Sumba Timur 9 Desember 2020 mendatang.

“Dari sembilan kabupaten yang menyelenggarakan Pemilukada tahun ini, hanya Sumba Timur saja saya hadir, karena saya memberikan perhatian khusus untuk Sumba Timur,” tegasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons