Scroll to Top
KPU Siapkan Layar Monitor di Halaman
Posted by maxfm on 4th September 2020
| 336 views
Penghubung Bacalon ULP-YHW sedang mencocokkan dokumen yang harus dibawa dalam pendaftaran bersama Ketua Bidang Teknis dan Pencalonan KPU Kabupaten Sumba Timur.(FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Timur menyiapkan layar monitor di halaman kantor KPU setempat untuk nantinya para pendukung bakal pasangan calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur bisa mengikuti proses yang berlangsung di dalam ruangan. Hanya ketua, sekretaris partai politik pengusung dan penghubung Bacalon yang akan diijinkan masuk ke ruangan verifikasi.

Juru bicara KPU Kabupaten Sumba Timur, Muhammad Syadak Balole menyampaikan hal ini kepada VN di kantor KPU setempat, Kamis (3/9/2020). Dijelaskannya pembatasan jumlah orang yang masuk ke dalam ruangan maupun halaman KPU adalah bagian dari petunjuk KPU RI sebagai bagian dari langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dalam tahapan penyelenggaraan Pemilukada serentak tahun 2020.

Muhamad menjelaskan, dalam petunjuk teknis (Juknis) KPU telah menegaskan bahwa jumlah orang yang diijinkan masuk ke dalam ruangan penyerahan dokumen dan proses verifikasi hanyalah ketua dan sekretaris partai politik dan penghubung Bacalon. Karena itu, pihaknya juga menyediakan kartu tanda pengenal bagi pengurus partai politik dan penghubung setiap Bacalon.

“Kalau satu Bacalon diusung dua partai politik, berarti yang boleh masuk ke ruangan lima orang. Yakni empat orang pengurus partai politik dan satu penghubung Bacalon,” jelasnya.



Menurutnya pendukung maupun pengurus partai politik pengusung lainnya yang ikut mengantar Bacalon dalam proses pendaftaran dan ingin melihat proses yang terjadi di dalam ruangan bisa mengikuti melalui layar LCD yang akan disediakan pihak KPU di halaman depan Kantor KPU Kabupaten Sumba Timur. Karena walaupun setiap partai politik memiliki jatah dua orang pengurus yang boleh masuk ke dalam ruangan, tidak bisa diganti oleh yang lain, karena harus ketua dan sekretaris partai politik pengusung.

Ditambahkannya, pihaknya juga baru saja selesai melayani konfirmasi dokumen untuk paket KP-DMW (Kristofel Praing-David Melo Wadu) dan juga paket Umbu Lili Pekuwali-Yohanes Hiwa Wunu (ULP-YHW), terkait dokumen pencalonan dan juga dokumen Bacalon, dan juga sedang menanti paket Maju (Matius Kitu-Umbu Hapu Mbeju).



Dijelaskannya layanan konsultasi ini diberikan KPU Kabupaten Sumba Timur untuk semua Bacalon mengkonsultasikan dokumen pencalonan maupun dokumen syarat calon yang harus dibawa dalam proses pendaftaran sesuai jadwal yang sudah ditetapkan KPU yakni 4-6 September 2020. Namun layanan konsultasi ini hanyalah melihat dokumen-dokumen tanpa melihat keabsahan dokumennya.

“Untuk keabsahannya nanti baru dilihat oleh tim verifikasi pada saat pendaftaran. Ini kami hanya melihat dan menginformasikan dokumen apa saja yang harus disiapkan dan dibawa saat pendaftaran nanti,” jelasnya.




Penghubung Bacalon ULP-YHW, Umbu Tamu Nd. Rada di aula kantor KPU Kabupaten Sumba Timur, Kamis (3/9/2020) menjelaskan pihaknya mengkonsultasikan dokumen pencalonan dan juga dokumen Bacalon kepada KPU Kabupaten Sumba Timur untuk memastikan dokumen yang akan dibawa dalam pendaftaran nantinya adalah sesuai dengan yang disyaratkan dalam Peraturan KPU.

“Kami datang konsultasi saja, karena memang sudah ada halaman chek list nya di PKPU yang bisa kami cek sendiri. Tetapi untuk lebih meyakinkan, kami datang konsultasi dengan KPU dan KPU sendiri menyediakan ruang konsultasi ini, sehingga kami sangat berterima kasih untuk layanan KPU ini,” urainya.




Informasi lain yang berhasil dihimpun media ini menjelaskan pasangan KP-DMW yang didukung koalisi sembilan partai politik akan mendaftar ke KPU Kabupaten Sumba Timur hari ini, Jumat (4/9/2020) pukul 15:00 Wita, sedangkan pasangan ULP-YHW yang diusung Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa akan mendaftar pada Sabtu (5/9/2020) pukul 09:00 Wita.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons