Scroll to Top
BPJS Kesehatan Cabang Waingapu Gelar Mentoring Spesialis Bersama Tenaga Kesehatan
Posted by maxfm on 3rd September 2020
| 122 views
Pertemuan Mentoring Spesialis Wilayah Sumba Timur, Senin (31/08/2020) [Foto : Istimewa]

MaxFM Waingapu – Jamkesnews – Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selaku penyelenggara jaminan sosial kesehatan mengadakan pertemuan mentoring spesialis yang dihadiri oleh perwakilan dinas kesehatan dan seluruh tenaga kesehatan penanggung jawab Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) wilayah Sumba Timur, Senin (31/08).

Kegiatan ini diikuti oleh 65 tenaga kesehatan mendorong salah satu Program BPJS Kesehatan, yaitu kegiatan promotif dan preventif untuk meningkatkan kepuasan peserta dan meningkatkan pelayanan kesehatan. Mentoring untuk tenaga kesehatan FKTP ini diselenggarakan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Program Prolanis.

Pertemuan yang dipusatkan di Kota Waingapu ini bertujuan untuk meningkatkan dan memaksimalkan kemampuan dokter umum di FKTP agar mampu menangani pasien di tingkat pertama tanpa harus merujuknya ke tahap lanjut atau rumah sakit. Pelaksanaan mentoring spesialis pada FKTP kali ini berfokus pada permasalahan penyakit kronis, terutama diabetes mellitus dan hipertensi.

Adapun agenda dari permasalahan tersebut adalah Materi dan Diskusi Mengenai Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2”, kata Irwan Ahmad selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Cabang Waingapu.




Narasumber dalam kegiatan kali ini adalah Erick Lios, yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Umum Umbu Rara Meha. Pada kegiatan ini, peserta yang hadir wajib mengirimkan permasalahan atau kendala yang dihadapi selama mengelola pasien kronis terutama diabetes melitus. Sehingga, mentoring ini dapat meningkatkan kualitas dan memberi solusi bagi para tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada peserta.

Kegiatan ini dilakukan di era new normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami menyediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer, mengukur suhu badan sebelum memasuki ruangan, jara jarak tempat duduk dan tetap menggunakan masker selama kegiatan berlansung, ujar Irwan.



Dengan adanya mentoring spesialis bagi tenaga kesehatan di FKTP, diharapkan dapat menjadi investasi jangka panjang yang mana return of investmentnya dapat berupa berkurangnya beban finansial dan menurunnya angka kesakitan. “Kami berharap, dengan adanya kegiatan mentoring yang rutin ini dapat memperkuat system FKTP sebagai main gatekeeper dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta” tutup Irwan.(DM/dn)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons