Scroll to Top
Sekda Sumba Timur Launching Penyaluran Sembako Tahun 2020
Posted by maxfm on 4th Mei 2020
| 558 views
Sekda Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy foto bersama dengan Kepala Bulog Subdivre Waingapu, David Donny dan sejumlah perwakilan KPM. (FOTO:ONI)

MaxFM, Waingapu – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy melaunching penyaluran Sembako tahun 2020 di halaman depan Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumba Timur, Senin (4/5/2020). Launching ini, Sekda Sumba Timur didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Timur, Kepala Bulog Subdivre Waingapu, David Donny, Lurah Kambajawa, dan sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepada wartawan usai melakukan launching ini, Sekda Sumba Timur, Domu Warandoy menjelaskan launching penyaluran Sembako Tahun 2020 ini merupakan program rutin pemerintah, sehingga tidak perlu dihubung-hubungkan dengan tahun politik di Kabupaten Sumba Timur saat ini.



Dijelaskannya jika untuk tahun 2019 dan tahun-tahun sebelumnya setiap KPM mendapatkan jatah 10 sampai dengan 11 kilo gram per bulan, tahun 2020 ini mengalami peningkatan yakni untuk bulan Januari-Februari setiap PKM mendapatkan alokasi dana di kartu KPM nya sebesar Rp 150 ribu/KPM/bulan, sehingga dikonversi menjadi beras dengan jatah 13 kilogram beras.

Selanjutnya untuk Bulan Maret sampai dengan Agustus, setiap KPM mendapatkan jatah alokasi dana di kartu KPM sebesar Rp 200 ribu/bulan sehingga dikonversi menjadi beras sebanyak 17 kilogram/bulan.



Mengenai jumlah KPM yang mendapatkan bantuan ini menurutnya untuk Kabupaten Sumba Timur tahun 2020 sebanyak 26.269 KPM dan tersebar di 22 kecamatan dan 140 desa. Karena itu, menurutnya masyarakat harus bisa menerima dan memanfaatkan bantuan ini secara baik, sebagai bagian dari menjaga ketahanan pangan masyarakat di tengah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Kepala Bulog Subdivre Waingapu, David Donny kepada wartawan usai penyerahan ini menjelaskan dengan dilaunching nya penyaluran Sembako tahun 2020 ini, pihaknya sudah langsung bergerak untuk menyalurkan beras ini ke setiap kantor desa/kelurahan, sehingga masyarakat KPM bisa langsung mengambil di kantor desa/kelurahan masing-masing.

“Kalau sebelumnya masyarakat harus mengambilnya di e-warung, sekarang kami dari Bulog langsung antar sampai ke kantor desa/kelurahan. Jadi ini kami salurkan untuk empat bulan sekaligus yakni Januari sampai April,” jelasnya.




Untuk penyaluran pertama, menurut Donny pihaknya memulai dari wilayah Kecamatan Kota Waingapu, yang ditargetkan akan diselesaikan dua sampai tiga hari, untuk kemudian bisa dilanjutkan ke kecamatan-kecamatan lainnya. “Kita sudah keluarkan 40 Ton hari ini (Senin, 4/5/2020), untuk Distribusikan di Kecamatan Kota Waingapu, dan stok kita masih cukup untuk semua KPM,” tandasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons