Scroll to Top
Belalang Kembara Bermalam di Kawangu
Posted by Heinrich Dengi on 4th Mei 2020
| 1017 views
Ilustrasi : Foto Belalang Kembara [Foto : Dinas Pertanian Sumba Timur]

MaxFM, Waingapu – Hingga sore ini belalang Kembara ( Locusta Migratoria ) sudah terlihat terbang di atas wilayah Kawangu, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT.

Pelaksana Tugas Plt. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumba Timur Oktavianus Mbaku Muku dalam wawancara per telepon di Radio Max 96.9FM sore ini Senin (04/05/2020) mengatakan sejak siang hingga sore kumpulan belalang kembara instar 4 yakni belalang yang sudah terbang sudah terlihat di Kawangu.



“Malam ini brigade penanggulangan belalang kembara di Sumba Timur dari Dinas Pertanian setempat dibantu banyak pihak akan mencari dimana lokasi belalang tidur di sekitar Kawangu dan akan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida untuk mengendalikan perkembangan belalang,” jelas Plt. Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumba Timur Oktavianus Mbaku Muku, Senin (04/05/2020).

Tambah Oktavianus Mbaku Muku tim kerja dari dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumba Timur harus melakukan pengendalian hama belalang kembara di Kawangu malam ini, dengan harapan bahwa semua belalang bisa dikendalikan sehingga belalang ini tidak masuk sampai di dalam kota Waingapu.



Masih kata Oktavianus Mbaku Muku pihaknya berharap belalang kembara malam ini berkosentrasi di satu tempat saja agar lebih mudah di kendalikan, yang jadi soal kata Oktavianus kalau belalang berdiam di beberapa titik dan ada yang terlewatkan dari pemantauan.

Kabar terbaru malam ini dari Plt. Dinas Pertanian Sumba Timur Oktavianus Mbaku Muku, dirinya dan tim kerja Dinas Pertanian setempat sedang melakukan penyemprotan Confidor untuk pengendalian hama belalang kembara di belakang SMA Pandawai di Kawangu.




Dua hari lalu salah seorang pendengar Radio Max 96.9FM yang tinggal di sekitar lokasi translok Papu’u menelpon ke radio MaxFM dan mengatakan belalang kembara dalam jumlah besar terlihat di padang rumput sekitar Papu’u dan memakan rumput yang ada di padang.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons