Scroll to Top
Kekurangan Pakan, Ratusan Ternak di Hambapraing Mati
Posted by maxfm on 18th Februari 2020
| 840 views
Ternak milik masyarakat Desa Hambapraing terlihat kurus karena kekurangan pakan.(FOTO:ONI).

MaxFM, Waingapu – Musim kemarau yang berkepanjangan di pesisir utara Kabupaten Sumba Timur hingga saat ini, telah mengakibatkan kurangnya pakan hijau di padang-padang rumput di wilayah Desa Hambapraing dan sekitarnya. Akibatnya ternak milik masyarakat di Desa Hambapraing, Kecamatan Kanatang kekurangan pakan dan saatbini dilaporkan sudah ada ratusan ekor yang mati.

Hal ini diakui sejumlah petani-peternak di Kampung Maudolung, Desa Hambapraing belum lama ini. Matius Tandu Nggama, Adrianus Riwu Bane dan Agustinus Tay Rawambaku mengaku ternak mereka yang mati rata-rata karena kekurangan pakan. Pasalnya curah hujan di wilayah mereka masih cukup rendah sampai dengan saat ini.




Menurut Matius menuturkan kemarau panjang yang dirasakan masyarakat Hambapraing saat ini merupakan lanjutan dari kemarau panjang tahun 2018/2019 lalu. Namun tahun ini kondisinya jauh lebih buruk, karena hingga pertengahan Februari ini, curah hujan masih sangat minim, sehingga rumput yang ada di padang sudah kembali mati.

“Paling parah sudah ini sejak akhir 2019 sampai awal 2020 ini. Karena ternak saya sendiri yang sakit dan mati sudah 23 ekor, yakni kuda, sapi, dan kerbau. Karena memang hujan sangat kurang dan rumput di padang sudah mati kembali,” jelasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons